Home / bisnis / 10 Langkah Bagaimana Membangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses?

10 Langkah Bagaimana Membangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses?

10 Langkah Bagaimana Membangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses
10 Langkah Bagaimana Membangun Bisnis dari Nol Sampai Sukses?
Kebanyakan orang ragu memulai bisnis karena terkendala modal, tidak punya petunjuk tentang ide usaha,dan tidak tahu cara memulainya. Keraguan semacam ini cukup masuk akal, karena membangun sebuah bisnis memang butuh persiapan yang super matang.
Tapi justru di sinilah kuncinya. Ketika Anda sudah menyadari sedini mungkin bahwa kesuksesan bisnis butuh persiapan, maka keraguan di atas bisa diselesaikan dengan membuat rencana bisnis yang terperinci dan menyeluruh. Demi memastikan tidak ada detail yang terlewat, Anda harus punya semangat dan gairah yang berkali lipat
Mulai saja ide usaha dari hal-hal yang Anda sukai. Seperti yang diucapkan salah seorang pendiri Apple, Steve Jobs: “The only way to do great work is to love what you do.” Selanjutnya, susunlah rencana bisnis secara fleksibel agar Anda lebih mudah menyesuaikan diri pada situasi tertentu. Kelak, fleksibilitas rencana bisnis juga bisa memicu kreativitas Anda untuk berinovasi pada produk/jasa yang ditawarkan
Cara-cara lain yang perlu Anda perhatikan untuk membangun bisnis dari nol sampai sukses, di antaranya:

1. Tulis Visi dan Misi dengan Jelas

Layaknya sebuah rencana, sudah tentu harus memuat tujuan yang gamblang. Apalagi rencana ini berkaitan dengan perkiraan keuntungan yang ingin dicapai. Anda wajib menuliskan sejelas mungkin tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Agar bisnis semakin terarah dan terstruktur, tuliskan juga dampak sosial yang bisa ditawarkan oleh bisnis Anda Kalau bisa jangan terlalu umum seperti menyerap tenaga kerja atau mengurangi angka pengangguran. Buatlah lebih spesifik dan menyentuh emosi dengan kalimat pembuka “memudahkan” atau “memperkaya

2. Berpikir Kreatif, Inovatif, dan Bertindak Proaktif

Seperti amanat mendiang Steve Jobs, kelahiran ide-ide cerdas, inovatif, dan kreatif juga bisa dilahirkan lewat berbisnis sesuai hobi. Pilihan ini cukup mempersingkat waktu karena Anda tidak perlu belajar dari nol. Jika Anda enggan memulai dari hobi, cobalah asah kreativitas Anda dengan melihat kebutuhan orang-orang di sekitar. Selanjutnya, tanamkanlah sikap proaktif untuk mengambil inisiatif demi menjawab kebutuhan orangorang tersebut.

3. Perdalam Pengetahuan tentang Pasar

Dari rencana bisnis yang sudah dibuat, Anda harus mampu mengenali situasi persaingan yang melibatkan kompetitor langsung maupun tidak langsung. Simpan semua informasi tentang success story mereka, kemudian pelajari perkiraan tren dalam 10-20 tahun ke depan. Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis Anda dan pesaing, bergegaslah merumuskan sistem pemasaran yang akan Anda gunakan

4. Pahami Kekayaan Intelektual (KI)

Untuk mempertahankan Kekayaan Intelektual (KI), anda bisa memahami terlebih dahulu jenis perlindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI). HKI ini termasuk aset berharga yang bisa menyelamatkan perusahaan di masa-masa sulit, karena dapat memberikan keunggulan berkompetisi, sekaligus menjadi pemicu untuk berbagai inovasi.

5. Kumpulkan Modal

Pengertian modal di sini bukan hanya berbentuk uang, tapi juga mencakup peralatan-peralatan yang akan menunjang operasional bisnis. Saat bisnis sudah siap berjalan, Anda perlu menemukan pekerja terbaik melalui seleksi/ rekrutmen. Jalankan proses ini sesuai visi dan misi bisnis Anda, agar semakin mendukung pengembangan jangka panjang.

6. Urus Legalitas Bisnis

Ketika niat berbisnis sudah semakin mendekati kenyataan, jangan lupa untuk mengurus legalitas bisnis dan pajaknya, ya. Tentukan juga bentuk bisnis Anda, apakah Comanditaire Venootschap (CV) yang didirikan bersama beberapa teman dengan memercayakan salah satu dari mereka menjalankan operasional sehari-harinya? Atau justru berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang struktur modal dan hierarki organisasinya disesuaikan menurut jumlah saham?

7. Catat Setiap Masalah secara Terperinci

Karena tidak setiap rencana  Ketika target jangka panjang hampir tercapai, inilah saatnya Anda menyiapkan rencana masa depan. Lakukan evaluasi menyeluruh dan bertanyalah  berjalan mulus tanpa hambatan Anda wajib melakukan pencatatan setiap masalah yang dihadapi. Pencatatan ini akan membantu Anda mengevaluasi situasi bisnis, dan yang terpenting, mengukur kondisi finansial agar kerugian tidak membengkak.

8. Siapkan Bujet Cadangan

Segaris dengan pencatatan masalah, cara ini merupakan upaya merespons analisis situasi dan kondisi finansial bisnis Anda. Bijaksanalah terhadap pengeluaran dan sediakan anggaran cadangan untuk hal-hal tak terduga.

9. Berinovasi dengan Teknologi Terbaru

Meskipun mungkin bisnis Anda tidak berkaitan langsung dengan teknologi, tapi membuka diri pada tren teknologi sama sekali tak ada ruginya. Kecermatan memahami  perkembangan terbaru bisa memudahkan Anda menjalankan fungsi operasional, perencanaan, komunikasi, dan pemasaran.

10. Susun Rencana Masa Depan

Ketika target jangka panjang hampir tercapai, inilah saatnya Anda menyiapkan rencana masa depan. Lakukan evaluasi menyeluruh dan bertanyalah pada diri sendiri: Apa yang akan dibutuhkan konsumen 20 tahun mendatang? 
Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai membangun bisnis, dan mengembangkannya dari nol sampai sukses. Persiapkanlah segalanya dengan cermat sehingga rencana dan keputusan-keputusan bisnis Anda berjalan lebih matang.
Baca Juga :   Bisnis Cepat Kaya Dan Halal, Inilah 6 Bisnis Yang Cocok

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *