Home / bisnis / 11 Cara Menentukan Lokasi Bisnis, Tempat Usaha yang Strategis

11 Cara Menentukan Lokasi Bisnis, Tempat Usaha yang Strategis

Cara Menentukan Lokasi Bisnis

Cara Menentukan Lokasi Bisnis

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Menentukan Lokasi/Tempat Usaha yang Strategis. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir, karena tips-tips ini akan sangat berguna bagi Anda dan tips di poin terakhir biasanya jarang diketahui atau jarang dipraktekkan oleh para pebisnis lain. Jadi, baca terus artikel ini sampai akhir.

11 Cara Menentukan Lokasi Bisnis, Tempat Usaha yang Strategis

Bagi Anda yang ingin memulai atau merintis suatu usaha pastinya Anda akan memikirkan bagaimana mendapatkan tempat/lokasi usaha yang strategis. Dalam merintis suatu usaha tersebut pastiya banyak sekali pertimbangan dalam menentukan suatu tempat usaha agar dagangan atau produk Anda laris terjual.
Suatu lokasi usaha atau tempat usaha yang strategis itu sangatlah mempengaruhi usaha Anda. Berikut ini ada beberapa tips bagi Anda, dalam hal memilih lokasi usaha yang strategis:

1. Mudah terlihat

Tips yang pertama dalam memilih lokasi usaha yang strategis adalah dengan mencari tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang. Jika Anda berencana merintis suatu bisnis ritel, apalagi distro fashion atau produk makanan, pastinya membutuhkan lokasi yang sangat strategis serta mudah dilihat oleh orang banyak untuk memudahkan dan menarik para konsumen serta bisa meminalisir biaya promosi.

2. Dekat dengan Lalu Lintas Orang atau Kendaraan

Tips selanjutnya yaitu dengan memilih arus lalu lalang orang atau kendaraan, karena dengan memilih lokasi yang banyak orang yang berlalu lalang, akan menambah peluang untuk datangnya pengunjung.

3. Dekat dengan target pasar.

Tips berikutnya dalam memilih suatu lokasi yang strategis yaitu dengan memastikan siapa target pasar produk Anda, apakah target Anda itu untuk dikalangan tertentu, umur tertentu atau mungkin pada kalangan kalangan lain.
Jika Anda dekat dengan target pasar Anda, maka itu bisa jadi nilai tambah bagi toko Anda, karena Anda bisa menjangkau market lebih dekat sehingga pelanggan atau konsumen lebih mudah untuk mengunjungi toko atau usaha Anda. Karena, bagi pelanggan, hal itu bisa menghemat waktu serta biaya bagi mereka.

4. Mudah Diakses

Anda harus perhatikan arus lalu lintas, apakah satu arah atau dua arah dan apakah letak toko  Anda ada pada sisi arah orang berangkat atau pulang dari aktivitasnya dan pikirkan juga bagaimana caranya agar konsumen atau pelanggan mudah mengakses ke toko Anda. Jika toko Anda berada di pusat kota, tapi untuk mengaksesnya harus mengambil jalan memutar beberapa kali, maka Anda harus mencari lokasi lain yang lebih mudah diakses.

5. Biaya Sewa yang Sesuai

Suatu lokasi tempat usaha yang strategis biasanya mempunyai harga sewa yang tinggi, nah cara yang selanjutnya dalam memilih lokasi usaha yang strategis ini adalah dengan memperhatikan biaya sewanya.
Meskipun harga sewanya mahal, tapi bila berpotensi mendatakangkan pengunjung lebih banyak ke toko Anda dan bisa mendatangkan keuntungan berlipat, kenapa gak diambil?
Daripada harga sewanya murah, tapi tidak ada yang mengunjungi, kan malah rugi. Toh biaya yang akan Anda keluarkan nantinya perlahan-lahan akan tergantikan dengan keuntungan yang Anda peroleh bukan?
Tetapi jika budget Anda tidak mampu membayar biaya sewa tempat yang mahal tersebut, maka silahkan Anda sesuaikan dengan budget Anda dan sebisa mungkin cari tempat yang biaya sewanya tidak terlalu tinggi namun tetap berpotensi mendatangkan pengunjung yang lumayan banyak meskipun tidak seramai di tempat paling strategis atau yang biaya sewanya mahal. Dan jangan sampai, Anda membayar biaya sewa yang mahal tetapi ternyata tempat tersebut tidak ramai pengunjung.

6. Legalitas

Tips yang selanjutnya dalam memilih suatu lokasi usaha yang strategis adalah Anda harus memperhatikan aspek legalitas lokasi usaha. Jangan sampai Anda mengabaikan hal ini karena terlalu berisiko apabila kita sudah memutuskan untuk memilih suatu lokasi tetapi di kemudian hari ada masalah dalam hal perijinan, regulasi kawasan serta lingkungan yang ada di sekitar.

7. Lingkungan sekitar

Dalam memilih lokasi usaha yang strategis faktor lingkungan sekitar sangat perlu diperhatikan. Karena jenis usaha yang akan kita jalani, di kanan maupun di kiri toko kita akan sedikit berpengaruh terhadap image dan secara tidak langsung akan mempengaruhi minat kunjungan pelanggan.
Sebagai contohya, jika Anda hendak membuka usaha distro, akan lebih baik atau lebih cocok di berada di deretan usaha warnet, game, café dan jangan memaksakan untuk mendirikan distro tersebut berada dekat dengan bengkel, atau toko bangunan atau pun tempat yang tidak cocok lainnya.

8. Tidak terlalu banyak pesaing

Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha Anda, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun jika Anda yakin karena posisinya lokasi usaha Anda itu sangat strategis, silahkan diambil dan Anda harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat membedakan usaha Anda dengan usaha lain yang sejenis.

9. Perhatikan tingkat keamanan sekitar lokasi

Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Jika lokasinya aman, para konsumen tidak akan ragu untuk meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan bisa meninkmati pelayanan dari usaha Anda dengan merasa nyaman. Dengan lingkungan yang aman, Anda bisa mengurangi resiko pencurian maupun perusakan yang bisa saja terjadi pada usaha yang berada di lokasi yang kurang aman.

10. Perhatikan kebersihan lokasi usaha

Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung ataupun sebuah outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa ragu untuk membeli produk dari toko Anda. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan lingkungan di sekitar lokasi usaha Anda, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi usaha Anda.

11Tips Terakhir dan biasanya suka terlewat

Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang Tempat Tersebut
Jika Anda hendak mendirikan usaha dan berniat menyewa sebuah tempat usaha, maka sebisa mungkin Anda cari tahu, siapa penyewa tempat tersebut sebelumnya. Dan gali informasi sebanyak-banyaknya dari orang tersebut. Kenapa dia sampai tidak memperpanjang sewa tempatnya di lokasi tersebut, kendala apa saja yang sering dihadapi di lokasi usaha tersebut, orang-orang seperti apa yang biasanya lewat di tempat tersebut, dan sebagainya.
Atau jika tidak ada orang yang menyewa tempat tersebut sebelumnya, silahkan Anda tanya-tanya dahulu ke orang-orang yang selalu berada di lokasi tersebut. Ke toko sebelahnya misalnya. Asalkan jangan tanya ke pesaing Anda nantinya. Karena jika Anda banyak tanya, pasti ditanya balik oleh orang tersebut, tujuannya untuk apa? Ya Anda jawab saja dengan jujur, ingin membuka usaha di tempat ini.
Dan jangan lupa, jika ingin mendapatkan informasi yang amat penting dari seseorang, Anda berikan dahulu sesuatu untuk orang tersebut. Bisa itu berupa oleh-oleh makanan khas dari daerah Anda atau sesuatu yang spesial yang jarang ditemui oleh orang yang ingin Anda ambil informasinya. Jika orang tersebut merasa senang, maka dia akan dengan senang hati memberitahu informasi apa saja yang Anda butuhkan.
Nah itulah beberapa tips untuk memilih menentukan tempat lokasi usaha yang strategis. Terlepas dari tips tips tersebut, faktor feeling bisnis sedikit banyak akan turut berpengaruh dalam hal memilih suatu tempat yang akan Anda jadikan tempat usaha.
Demikianlah pembahasan artikel kali ini.
Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Saya do’akan, Anda yang akan menjalankan sebuah usaha dan juga Anda sedang menjalankan usaha, semoga diberi kemudahan, kelancaran dan senantiasa diberikan kesehatan.
Baca Juga :   Survai, Kerja sampingan sambil duduk di rumah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *