Home / bisnis / 5 Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat

5 Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat

5 tips memilih bisnis waralabaBisnis waralaba adalah salah satu pilihan bisnis yang paling menggoda saat ini. Sebagai mitra, Anda tidak perlu menyiapkan posisi bisnis sejak awal, termasuk dalam hal promosi.

Secara umum, waralaba sudah memiliki nama yang cukup terkenal oleh banyak orang. Perjanjian kemitraan juga tidak mudah, cukup membayar sejumlah uang, Anda akan mendapatkan seperangkat alat untuk dijual, termasuk staf terlatih.

Tetapi untuk menjalankannya dan membuat bisnis tetap eksis membutuhkan intelijen manajemen dari para mitranya. Jika mitra tampaknya tidak terkendali dan hanya ingin tahu betapa beruntungnya itu, itu tidak akan berhasil juga, meskipun waralaba sudah memiliki nama besar.

Selain kemampuan manajemen, satu hal yang dapat membuat kesuksesan adalah pemilihan waralaba itu sendiri. Saat ini ada banyak waralaba luar biasa dengan berbagai jenis bisnis.

Beberapa menjual makanan, minuman ringan, dan menawarkan layanan. Nah, jika Anda ingin sukses dalam bisnis waralaba, jangan salah pilih. Selain pertimbangan harga kemitraan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini.

1. Sesuaikan dengan anggaran

Setiap bisnis atau bisnis waralaba harus menggunakan sistem biaya kemitraan. Biaya-biaya ini biasanya digunakan untuk membayar merek, peralatan pendukung bisnis, bahan baku, dan penunjukan karyawan ahli.

Tetapi setiap merek dagang memiliki aturan kemitraannya sendiri. Intinya, coba buka waralaba yang sesuai dengan anggaran Anda.

Jika memungkinkan, jangan berhutang untuk masuk ke bisnis ini. Karena, nantinya keuntungan masih harus dibagi dengan franchisee. Sekarang jika Anda berhutang, laba bersih Anda akan terbebani kemudian untuk membayar cicilan. Semakin sedikit manfaat yang Anda dapatkan.

Baca Juga :   5 Komponen Perencanaan Bisnis yang Penting Bagi Perusahaan

2. Pastikan reputasi pemilik waralaba baik

Sebagai pemilik modal, tentu saja Anda ingin bermitra dengan waralaba yang jelas. Tujuannya adalah untuk menjamin prospek bisnis dalam jangka panjang. Karena itu, Anda perlu melakukan sedikit riset terlebih dahulu tentang rekam jejak franchisee.

Yang perlu Anda ketahui, misalnya, adalah berapa lama bisnis waralaba telah didirikan, berapa gerai yang telah ada, dan berapa keuntungan yang diperoleh rata-rata. Semua itu bisa Anda dapatkan di internet, atau tanyakan langsung ke pihak yang telah bermitra dengan franchisee.

3. Pilih jenis bisnis waralaba yang tidak lekang oleh waktu

Ada banyak jenis waralaba yang dapat Anda pilih, mulai dari makanan berat, makanan ringan, minuman saat ini, hingga layanan. Tapi, pastikan Anda memilih waralaba yang mungkin akan ada untuk waktu yang lama bahkan ketika ada krisis. Hindari pemilihan waralaba berdasarkan tren.

Waralaba yang hanya berdasarkan tren tidak akan bertahan lama, seperti kepala es Milo. Pada saat pertama kali booming, hampir setiap sudut jalan memiliki pedagang kepala es Milo. Tapi sekarang, popularitas mereka mulai memudar hanya dalam waktu kurang dari lima tahun.

4. Pilih apa yang bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat

Cakupan pangsa pasar juga harus dipertimbangkan ketika memilih. Cari produk waralaba yang bisa disukai banyak orang. Jangan terlalu eksklusif untuk beberapa kalangan, karena berpotensi menyangkal usia keberadaan bisnis Anda di masa depan.

Sekali lagi, kita ambil contoh franchise kepala es Milo. Jenis camilan dingin semacam itu mungkin hanya disukai oleh anak kecil. Untuk orang tua, Anda mungkin tidak menikmatinya karena terlalu banyak gula dan kondisi tubuh yang tidak sehat.

Baca Juga :   Begini caranya menghasilkan uang dari internet yang harus kamu tau

5. Pilih royalti rendah

Royalti atau sistem bagi hasil adalah cara bisnis waralaba tetap ada. Sebagai mitra, tentu saja kami ingin untung besar.

Sekarang, cari franchisee yang memiliki harga royalti rendah. Ada bagian dari 50:50, 60:40, ada juga yang 70:30.

Pilih yang paling menguntungkan bagi Anda sebagai mitra, karena meskipun nama besar berasal dari franchisee yang menjalankan bisnis, ya Anda sendiri.

Itulah lima tips untuk memilih bisnis waralaba untuk menghasilkan banyak keuntungan. Setelah berhasil memilih, jangan lupa juga mempertimbangkan pemilihan lokasi. Cari lokasi yang kira-kira ramai dan mudah diakses orang

penulis : bostemplate.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *