Sebentar Lagi Ramadhan! Awal Puasa Bulan Ramadhan Tahun 2021

Bulan Ramadan 2021 diperkirakan akan dimulai pada hari Selasa, 13 April, 2021 dan akan berakhir pada hari Rabu, 12 Mei 2021.

Bulan Ramadan tahun 2021 atau juga tahun 1442 Hijriyah tidak lama lagi akan tiba bahkan kita tinggal menghitung hari seperti yang telah kita ketahui bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang paling dinantikan oleh umat Islam di dunia. dan selama bulan Ramadan umat Islam akan menjalankan ibadah berpuasa selama 30 hari atau sampai datangnya 1 syawal yang sering disebut sebagai hari Idul Fitri atau lebaran,

Bulan Ramadan di tahun 2021 atau tahun 1442 Hijriah diperkirakan akan mulai pada hari Selasa tanggal 13 April tahun 2021 dan akan berakhir pada hari Rabu tanggal 12 Mei tahun 2021, Meskipun demikian ini adalah salah satu tanggal tentatif karena seperti yang telah kita ketahui tanggal dimulainya bulan Ramadhan 2021 ini bergantung pada hasil dari pengamatan bulan.

awal puasa ramadhan

 

Ramadan juga adalah sebagai salah satu dari lima rukun Islam, dan sebagai bulan yang suci, yaitu Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wasalam, puasa Ramadan adalah salah satu ibadah yang sangat wajib bagi para muslim di dunia yang telah memenuhi syarat dan ketentuan, Allah SWT Allah mengingatkan kita tentang puasa di dalam firmannya surat Al Baqarah 183 yaitu :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Arab latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Dengan ayat ini serta jawaban atas Kapan awal puasa Ramadan di tahun 2021 maka tentu setiap muslim harus bisa melakukan persiapan menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Namun sementara itu, Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan puasa ramadhan jatuh tepat pada tanggal 13 april, karena merujuk pada perhitungan astronomi (Hisab) yang telah di pedomani Majelis Tajrih serta Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“1 Ramadan 1442 H jatuh pada hari Selasa Wage, 13 April 2021 Masehi,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Haedar Nashir.

Lebih lanjut Nashir juga telah mengatakan, berdasarkan hasil hisab, yang dilakukan pada tanggal 12 April petang setelah matahari terbenam, posisi hilal berada di yogyakarta sudah terlihat dengan ketinggian diatas ufuk 3 derajat, dan 44 menit 38 detik, hilal juga akan terlihat dibanyak tempat di indonesia,

Muhammadiyah juga memiliki kebiasaan menetapkan waktu awal bulan puasanya jauh hari sebelum pemerintah indonesia melalui kementrian Agama menggelar sidang Isbat untuk menetapkan Awal bulan Ramadhan pada setiap tahunya.

Nawaitu shaauma ghadin ‘an adaa’i fardhi ramadhaana haadzihis sanati lillaahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari menunaikan fardhu bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”.
Setelah paham bacaan niat puasa Ramadhan, maka tak lengkap jika tak paham doa buka puasa. Berikut adalah bacaan Latin dan terjemahannya untuk Anda.

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Doa Keramas Puasa Bulan Ramadan

Sebagai umat Muslim yang sangat bangga dan gembira dengan adanya bulan suci Ramadan ini, maka tidak ada salahnya mengawali kegembiraan ini dengan bacaan-bacaan doa, membaca kalimat-kalimat amalam, memperbanyak dzikir, dan bisa juga mengawalinya dengan membaca niat doa keramas puasa Ramadan ini.

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla.

Artinya: Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

Cara Keramas Puasa Ramadan

Adapun untuk tata cara dalam melakukan keramas puasa Ramadan adalah sama seperti mandi wajib biasanya. Pertama, kamu perlu membaca niat, kemudian membasuh seluruh tubuh dengan air yang cukup.

Sumber Referensi:

  • Mia Chitra Dinisari. 18 Maret 2021. Kapan Ramadan 2021 Dimulai?. Kabar24.bisnis.com – https://bit.ly/3fksTFl
  • Sri Juliati/Gigih. 16 Maret 2021. Kapan Awal Puasa Ramadhan 1442 H? Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada 13 April 2021. Tribunnews.com – https://bit.ly/2PGzBus
  • Rosmha Widiyani. 08 Maret 2021. Kapan Puasa Ramadhan 2021? Muhammadiyah Putuskan 13 April 2021. https://bit.ly/3cvQcKJ

Tinggalkan komentar