Belajar Saham Bagi Pemula Ditahun 2020

Belajar Saham Untuk Investor Pemula

Tahun 2020 sudah dimulai, dan kini saatnya kita memulai perubahan, tentu diantara Anda juga sudah memiliki perubahan kan.? Mungkin ada sebagian diantara anda yang sudah merancang resolusi pendidikan, bahkan hingga kehidupan asmara ataupun resolusi pekerjaan dan kesehatan dan juga travelling hingga resolusi keuangan. Tentunya berbagai Harapan digantung setinggi mungkin agar di tahun ini menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Khusus untuk perubahan keuangan agar lebih baik tentu saja harus dibarengi dengan investasi yang tepat dan benar. Lalu kenapa harus investasi.? Karena Investasi adalah satu-satunya cara yang paling tepat dan mudah untuk meraih keuntungan di masa yang akan datang, dengan memulai investasi selangkah anda sudah maju dalam pengelolaan keuangan. Beruntung di era yang serba digital dan modern ini banyak sekali jenis investasi yang bisa anda pilih dan salah satunya yang paling banyak disukai adalah saham.

Saat ini saham sudah menduduki peringkat teratas dalam memberikan keuntungan, investasi saham juga memiliki keuntungan hingga belasan kali lipat, sebut saja orang yang paling terkaya di planet bumi ya itu Warren Buffett yaitu seorang investor yang sangat legendaris. Namun yang perlu Anda ketahui dengan iming-iming keuntungan yang sangat besar saham juga memiliki berbagai resiko yang tinggi pula. Namun anda tidak perlu takut dengan resiko Resiko yang akan anda hadapi, asalkan anda sudah memahami seluk beluk saham Anda pasti bisa mendapatkan keuntungan yang berkali-kali.

belajar saham dan investasi

Belajar saham untuk para calon investor pemula

Memahami soal saham

Hal yang paling mendasar yang harus dilakukan oleh setiap investor atau calon investor saham yaitu dengan cara memahami seluk beluk saham sebelum melakukan investasi, Anda juga harus mengetahui jika ingin membeli saham maka anda telah melakukan investasi sebuah usaha atau bisnis.

Sama halnya dengan anda menanamkan modal terhadap usaha bengkel Saudara atau kerabat anda sendiri, dan seperti itulah cara kerja investasi. Sehingga Jika Anda membeli saham maka anda mempunyai bukti kepemilikan bisnis tersebut. Dengan Anda membeli saham maka anda sepenuhnya menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada jajaran manajemen untuk meningkatkan sebuah nilai perusahaan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam melakukan investasi saham, maka satuan pembelinya adalah satu lot atau 100 lembar saham. Dan nantinya setiap Para investor akan mendapatkan 2 keuntungan yaitu Capital Gain, ( keuntungan atas kenaikan harga ) dan deviden ( pembagian keuntungan perusahaan ). Sementara resiko dalam investasi saham disebut dengan Capital loss ( kerugian atas penurunan harga ) serta risiko likuidasi ( perusahaan bangkrut )

Mulai investasi dengan modal yang kecil

Setelah anda memahami seluk beluk saham, dan ingin memulai investasi itu adalah langkah terbaik, Namun ada tips yang harus anda ingat apalagi jika anda hanya pemula, maka anda harus memulai dengan modal yang kecil.

Dengan modal yang kecil, sudah tentu kerugian yang akan kita hadapi tidak akan terlalu besar meskipun pendapatan Han juga sangat kecil. Karena dengan langkah yang pertama memulai investasi saham dengan modal yang seminimal mungkin tentu anda bisa belajar terlebih dahulu tentang dunia saham, Anda bisa belajar dunia saham yang lebih luas lagi untuk bisa menanam modal investasi yang besar sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar pula.

Ada 1 ketentuan di bursa saham cara melakukan investasi Anda harus membeli minimal 1 lot saham. Misalnya jika anda ingin membeli saham di Bank BCA dengan harga perlembarya yaitu 34 ribu, maka anda harus menyiapkan modal untuk membeli saham sebesar 3,4 juta untuk modal awal.

Jika menurut anda modal itu terlalu besar maka anda bisa memilih saham di bank BRI yang tentu lebih rendah harga per lembar nya yaitu sebesar Rp.4.400 maka anda harus menyiapkan modal awal sebesar Rp,440.000 untuk modal awal investasi,

Membeli saham blue chip

Untuk meminimalisir terjadinya kerugian, tips bagi seorang pemula yang ingin membeli saham yaitu dengan membeli saham blue chip, saham blue chip itu merujuk pada saham-saham yang dimiliki perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan dengan kualitas terbaik dan fundamental yang sangat positif.

Untuk lebih jelasnya tentang sahabat anda bisa membaca artikel selengkapnya Disini

Melakukan diversifikasi

Tips selanjutnya untuk seorang pemula yang pertama kali ingin membeli saham ditahun 2020 ini yaitu harus melakukan diversifikasi. Tentu saja jika hal ini di analogikan dalam dunia saham yaitu bermakna jangan menempatkan semua uang anda dalam satu jenis investasi, agar ketika mengalami kerugian maka Anda masih memiliki dana cadangan di tempat yang lain.

Memiliki saham yang beragam tentu akan membuat resiko anda lebih kecil daripada Anda fokus membeli 1 saham saja. Karena jika 1 saham di sebuah perusahaan saat mengalami kinerja yang sedang turun atau mengalami kebangkrutan, besar kemungkinan saham lainnya masih tetap bertahan dan memberikan hasil yang positif,

Begitu juga jika diversifikasi investasi, maka anda bisa mulai memperhitungkan dan membaginya ke saham-saham lain misalnya emas atau deposito, sehingga jika mengalami kerugian Anda masih ada simpanan emas atau deposito

Memilih sekuritas yang lebih bijak

Jika anda ingin berinvestasi dalam bentuk saham, maka anda harus membuka sebuah rekening efek atau rekening dana nasabah yang dapat dikelola oleh perusahaan sekuritas.

Cara kerja rekening efek sendiri sama halnya dengan e-money, karena menulis saldo dalam rekening dana nasabah atau rekening efek Anda dapat membeli saham, dan ketika anda melakukan transaksi jual beli saham maka anda harus membayar biaya transaksi si kepada broker.

Setiap perusahaan perusahaan sekuritas tentu memiliki biaya yang berbeda-beda bisa 0,15% sampai dengan 0,20% bahkan 0,29%, dan tentunya semakin kecil biaya transaksi dalam membeli saham akan membuat investor semakin untung, tapi ada kalanya semakin besar biaya transaksi sebanding juga dengan memuaskannya layanan yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas tersebut.

Antisipasi saat rugi

Jika anda investasi saham maka anda juga harus siap dengan segala Resiko yang ditanggung atau yang diakibatkan dalam melakukan investasi, bisa saja saat Anda membeli saham hari ini dan kemudian saat pembukaan pasar dibuka keesokan harinya tiba-tiba langsung bangkrut. Wajar saja jika Anda begitu cemas, Namun obalah Untuk tidak panik, apalagi jika anda membeli saham blue chip, karena sudah bisa dipastikan harga saham akan naik kembali Suatu Hari Nanti,

Ungu Jika memang kerugian berada di depan mata, maka anda harus bisa mencoba untuk tetap berpikir jernih dan Anda harus melakukan aksi average down. Maksudnya adalah yaitu strategi investasi dengan cara melakukan pembelian saham yang bertahap Jika harga pasar saat itu menurun

Dengan anda melakukan langkah antisipasi, kemungkinan nilai investasi tidak akan ikut menurun karena mengikuti harga pasar.

Memahami saham jangka panjang dan jangka pendek

Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam melakukan investasi saham, maka anda harus tahu tentang tipe investor Seperti apa diri Anda, Apakah Anda tipe investor jangka panjang atau tipe investor jangka pendek. Dengan cara memahami karakter investasi maka anda akan dengan mudah menerapkan berbagai sejati yang tepat.

Jika seandainya anda menyukai saham jangka panjang, usahakan anda harus tetap terus konsisten membeli saham sekalipun harga saham turun naik. Kunci utama dalam bermain saham jangka panjang adalah kesabaran dan terus konsisten.

Demikian artikel tentang cara belajar saham ini dibuat, semoga bisa menjadikan suatu bacaan yang bermanfaat bagi anda yang ingin belajar saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *