Tips Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Hingga Mahir

Trik Ternak Burung Lovebird untuk pemula

Burung cinta( Love Bird) ialah satu burung dari 9 tipe spesies genus Agapornis( dari bahasa Yunani“ agape” yang berarti“ cinta” serta“ ornis” yang berarti“ burung”). Ternak lovebird jadi salah satu upaya yang amat menjanjikan, mengenang banyaknya peminat burung ini di pasaran. Tidak hanya itu, lovebird pula jadi salah satu burung primadona yang amat terkenal di negara ini.

Untuk anda yang berkeinginan buat mengawali usaha atau bisnis budidaya dalam peliharaan burung kicauan, hingga terdapat banyak burung yang dapat dijadikan alternatif buat memelihara burung, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, serta lain sejenisnya. anda terlebih dulu wajib peka dalam hal burung apakah disaat ini lagi tren serta dicari banyak orang.?

lovebirdBurung yang berawal dari Afrika serta Madagaskar ini mempunyai dimensi yang sangat kecil antara 13 hingga 17 centimeter dengan berat 40 sampai 60 gr. Banyaknya peminat burung ini membuat banyak para pelaku bisnis meliriknya bagaikan sesuatu kesempatan yang menggoda untuk dijadikan sebagai usaha rumahan yang menguntungkan.

Kesempatan usaha peliharaan burung Lovebird terhitung usaha yang susah- susah mudah buat dicoba., apalagi baggu para pemula yang ingin berkecimpung dalam bisnis ternak burung ini, Hambatan penting yang kerap dialami oleh pendatang baru merupakan:

  1. Susahnya membedakan tipe kelamin burung, apakah burung itu jantan atau betina;
  2. Sulitnya buat memasangkan atau menjodohkan burung lovebird pada cara pernikahan sebab burung ini tercantum burung yang tidak ingin dijodohkan dengan cara menuntut;
  3. Lovebird betina yang tidak kunjung menelur disaat pembiakan, namun umurnya telah lumayan serta telah waktunya menelur. Apalagi tak tidak sering indukan betina membuang telurnya;

Padahal sebenarnya, burung ini mudah sekali menelur dikala hidup di alam bebas dan hal ini terjalin terus- menerus terjadi sepanjang indukan sedang dalam periode produktif.

Oleh sebab itu, pada postingan kali ini saya bakal membahas bagaimana teknik memelihara burung Lovebird yang mungkin bisa anda jadian sebagai rujukan. Burung lovebird akhir- akhir ini jadi burung yang peminatnya selalu meningkat, sebab tidak cuma di kota- kota besar saja yang terpikat untuk memelihara burung ini, di perdesaan juga mulai banyak yang bermiant buat memilikinya, apalagi sampai banyak sekali orang yang berkeinginan buat mengembangkannya menjadi salah satu usaha dalam budidaya.

Teknik Budidaya Lovebird Untuk Pendatang baru supaya Cepat Bertelur

Memilah Tipe Kelamin Lovebird

Untuk orang awam, membedakan antara Lovebird perempuan dengan Lovebird jantan sering- kali sungguh susah, malahan seseorang profesional juga sering- kali masih bisa kecele. Walaupun begitu, anda tidak perlu takut sebab terdapat sebagian trik yang dapat kita maanfaatkan buat mengenali tipe kemaluan dari Lovebird, berikut merupakan sebagian diantaranya.

    • Betina umumnya mempunyai dimensi atau ukuran badan yang lebih besar dari pejantan. Walaupun begitu, umumnya dimensi atau ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.
    • Tipe betina mempunyai tulang panggul yang lebih luas sebab ini akan dipakai untuk menelur.
    • Selain itu, anda dapat melihat perbandingan antara pejantan serta betina pada saat mereka nangkring atau bertengger. Kaki kepunyaan Lovebird betina akan sedikit jauh atau renggang dibanding pejantan.
    • Jangan terkecoh dengan Lovebird yang sering berduaan. Sering- kali Lovebird jantan dapat berduaan dengan pejantan yang lain. begitu pula kebalikannya. Dengan kata lain, ada banyak yang sering berduaan, namun mereka masih satu jenis
    • Bentuk tubuh dari burung Lovebird betina biasanya sedikit lebih bulat dan akan terasa berisi.
    • Lovebird Betina juga biasanya memiliki jenis suara kekek yang lebih panjang daripada pejantan.

Membuat Kotak sangkar( Glodok) Lovebird

Gelodok ataupun kotak petarangan yang bagus wajib memiliki lubang pintu dengan garis tengah sesuai dimensi badan burung. tidak boleh begitu kecil dan tidak boleh begitu besar.

Masukkan sebagian bahan serutan kayu bersih ke dalam kotak petarangan dengan ketebalan 2, 5 centimeter. Umumnya lovebird akan menata kembali pembuatan sarangnya dengan cara membuang beberapa bahan papan yang telah disediakan oleh penangkar. Metode ini akan membuat lovebird aman serta cepat menelur.

Cara paling efektif untuk mendapatkan 1000 subscribe di youtube

Umur Produktif

Seekor Lovebird pejantan akan siap untuk membuahi betina pada umur sekitar 8 bulan. namun sebaliknya buat betina idealnya harus berumur 1 tahun.

Memastikan Tujuan Breeding

Kalau anda ingin menghasilkan burung Lovebird yang mempunyai suara bagus, hendaknya anda memilah lovebird betina yang mempunyai suara baik dan cantik. Tetapi bila anda membutuhkan warna yang baik, sebaiknya anda juga mencoba menjodohkan antara satu pejantan dengan beberapa burung betina. anda dapat melakukannya dengan cara poligami semacam satu pejantan dikawinkan dengan 3 betina.

Memilah Indukan Yang fit dan Berkualitas

Sesudah memilik kandang buat peliharaan lovebird, memilih pasangan yang sehat serta bermutu sangatlah penting. sebelum memilih indukan, pastikan terlebih dulu burung yang gimana yang akan anda ternakkan. Apakah yang bersuara baik atau yang mempunyai bulu baik serta menarik.

Menjodohkan Lovebird

Jika anda sudah memastikan umur Lovebird pejantan ataupun betina, umumnya mereka telah sedia buat berkawin. Untuk Lovebird jantan, umur sempurna merupakan 8 bulan, serta buat yang betina umumnya dikala menggapai umur 1 tahun. Tempatkan mereka didalam satu kandang, umumnya mereka bakal kawin, dan setelah itu hasilnya dapat kita amati antara 3 sampai 10 hari sehabis perkawinan terjalin.

Ciri- ciri lovebird siap kawin:

  1. Lovebird betina kerap merentangkan sayapnya serta ekor yang kerap dinaikan ke atas;
  2. Lovebird jantan kerap menggosok- gosokkan pantatnya pada sangkar.

Dalam keadaan diatas, sebaiknya hendaklah secepatnya untuk dikawinkan indukan lovebird yang telah melakukan perihal di atas, apabila kelamaan justru akan membuatnya susah kawin. namun saya ingatkan kembali anda  janganlah sampai terkecoh, sering- kali Lovebird jantan dapat berduaan dengan lovebird jantan pula, sedemikian itu pula kebalikannya sebab tipe burung ini dapat menggemari sesama jenis. Jadi amati analogi karakteristik lovebird jantan serta lovebird betina di atas tadi.

Setelah itu, lakukanlah berikut:

  1. Ambil pasangan itu serta taruh di dalam kandang perkawinan dengan dimensi PxLxT 150 centimeter x 150 centimeter x 100 centimeter;
  2. Lengkapi kandang dengan petarangan tempat menelur yang dibuat dari papan dengan dimensi jauh 20- 25 centimeter, luas 20- 25 centimeter serta besar 15- 20 centimeter;
  3. Pilih bahan petarangan dari bahan yang lembut semacam daun pinus ataupun jerami;
  4. Taruh kawat strimin supaya aman dari tikus serta tidak boleh lupa taruh kandang di tempat yang teduh.

Serta sehabis kawin, indukan Love Bird anyar siap dikawinkan lagi dalam selang durasi sebulan setelah itu.

Makanan untuk Anak Lovebird

Sebetulnya terdapat banyak tipe makanan buat anak Lovebird yang dapat ditemui di gerai- gerai pakan. Tetapi, sekiranya anda kesusahan buat mendapatkan makanan spesial buat kanak- kanak Lovebird, ada bagusnya anda menggantinya dengan Bubur instan buat anak semacam Bubur SUN. Bagikan pula multivitamin buat melindungi kesehatan burung. OrBird dapat jadi opsi yang pas bagaikan vit buat burung kicauan.

Pakan buat anak love bird merupakan bubur anak dengan komposisi:

  1. Milet putih 2kg;
  2. Milet merah 2 kilogram;
  3. Biji padi 1 kilogram;
  4. kenari seed 1 kilogram; dan
  5. kuaci 1 ons.

Bahan – bahan di atas di blender sampai halus tanpa menggunakan air, selanjutnya encerkan dengan air sehingga berbentuk pasta. anakan lovebird disuapi tiap 2 jam sekali dengan sendok kecil. Ketika anakan sudah berumur satu bulan, penyuapan cukup hanya dilakukan 1 kali sehari saja. Sementara untuk indukan, berikan jagung muda 2 tongkol per hari untuk pemenuhan gizi sehingga kualitas indukan tetap terjaga.

berikan pula makanan yang bisa menyebabkan hormon lovebird betina agar segera menelur. Tipe pakan yang dimaksud antara lain kangkung, tauge, serta biji kuaci. Upayakan untuk menukar atau mengganti minuman Lovebird dengan minuman yang segar tiap harinya. Tidak hanya itu, anda pula wajib mensterilkan tempat minum dengan teknik digosok dengan memakai sikat gigi setelah itu basuh dengan air bersih ataupun semprot dengan pakai sprayer.

Memasang lampu full spektrum dalam kandang penangkaran

Supaya temperatur senantiasa hangat, kandang wajib dilengkapi lampu. Teknik ini akan membuat lovebird segera menelur. Lampu yang dipakai merupakan lampu tipe spektrum sebab iluminasi ini mempunyai cakupan yang mendekati cakupan cahaya mentari. Lampu ini mempunyai temperatur dekat 5500 Kelvin alhasil aman dengan cara visual. maksudnya dapat memberi suasana tenang serta adem untuk lovebird. Lampu iluminasi ini pula bisa digunakan pada kandang yang sedikit terserang cahaya mentari.

Tempatkan lampu pada bagian atas kandang pembiakan. Bila diperlukan, anda dapat memasang timer supaya burung dapat istirahat minimun 10 jam dalam situasi gelap, misalnya pada malam hari.

Penyilangan burung Lovebird Untuk Memperoleh Corak Bulu Yang Diinginkan

Salah satu daya raih lovebird merupakan karna rupanya yang bagus. Oleh sebab itu, pengembangbiakan lovebird umumnya telah direncanakan untuk menciptakan corak dengan pola khusus. hal ini memanglah memungkinkan, mengingat banyaknya yang telah sukses mengembangbiakkan lovebird dengan motif corak bulu khusus.

Umumnya corak yang sangat jarang adanya, membuat harga lovebird jadi amat mahal. Dalam novel yang bertajuk Lovebird oleh Siti Nuramaliati Prijono berkata kalau dengan cara normal sifat kanak- kanak lovebird bakal mencontoh 50% dari benih betina serta 50% dari benih jantan.

Dengan kata lain watak anak lovebird ialah kombinasi separuh watak benih jantan serta separuh benih betina. Sifat- sifat yang diturunkan ini pastinya tengah dipengaruhi watak resesif serta dominan yang dimiliki tiap- tiap pasangan yang dikawinkan. Untuk memastikan watak resesif serta dominan ini bisa diperkirakan sehabis pasangan yang karakternya berbeda( dalam perihal ini corak bulu)

Apabila masa pada periode- periode itu cenderung memiliki hasil yang relatif serupa hingga bisa diperkirakan watak dominan serta resesif yang terdapat pada benih jantan dan ataupun benih betina. Bersumber pada pengalaman- pengalaman inilah kemudian bisa disusun program pemograman corak bulu pada anak lovebird dari pasangan- pasangan yang dipelihara.

Oleh sebab itu, wawasan dasar hal genetika amat berarti buat diketahui oleh penangkar supaya dapat mengawinsilangkan lovebird buat memperoleh anakan dengan corak bulu yang di idamkan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *