Home / teknologi / 3 Cara Menambahkan Lokasi Prusahaan di Google Maps

3 Cara Menambahkan Lokasi Prusahaan di Google Maps

Google Maps memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi di internet, dari kantor, rumah, restoran, hingga lokasi bisnis.

Coba periksa, apakah lokasi bisnis Anda muncul di Google Maps? Jika tidak, Anda telah menemukan artikel yang tepat. Artikel ini akan memandu Anda untuk menambahkan lokasi bisnis di Google Maps.

Sebelum membahas tiga cara untuk menambahkan tempat di Google Maps, lihat ulasan tentang mengapa Anda harus mendaftarkan Bisnis Anda dengan Google Maps. Silahkan simak artikel ini sampai habis

Mengapa Anda Harus Menambahkan Tempat Bisnis Anda di Google Maps?

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps. Apakah mereka? Lihat penjelasannya di bawah ini!

Pelanggan Anda Akan Dengan Mudah Menemukan Lokasi Bisnis Anda

Banyak orang Indonesia saat ini mengandalkan Google Maps untuk petunjuk arah. Berdasarkan data Google, ada lebih dari 140 juta pengguna aktif Google Maps di Indonesia. Tentu saja jumlahnya terlalu besar untuk Anda abaikan. Lebih dari setengah populasi Indonesia menggunakan Google Maps untuk mencari tahu ke mana mereka pergi.

Bayangkan ketika pelanggan Anda ingin pergi ke lokasi bisnis Anda dan tidak menemukannya di Google Maps. Tentu saja mereka akan mengalami kesulitan, bukan? Jadi mau tidak mau Anda harus menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps sehingga konsumen menemukan lokasi Anda dengan lebih mudah.

Baca Juga :   Tips Jitu Jualan di Instagram, 10 Tips Bagi Pemula

Terutama dengan pilihan fitur untuk berbagai rute transportasi mulai dari berjalan ke transportasi umum seperti bus dan kereta api, pelanggan Anda akan dengan mudah dapat menemukan lokasi Anda.

Memberikan Poin Lokasi Yang Akurat kepada Konsumen

Selain mudah, Google Maps juga menyediakan petunjuk lokasi yang akurat melalui fitur Google Street View. Google Street View adalah fitur arah dengan gambar 360 derajat. Melalui fitur ini pengguna dapat melihat foto-foto situasi di sekitar lokasi tujuan secara real time.

Fitur Google Street View memungkinkan pelanggan Anda untuk menemukan lokasi bisnis Anda dengan tolok ukur yang sangat jelas. Mereka dapat melihat detail lokasi dari gang ke bangunan di sekitar lokasi bisnis Anda. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat lebih yakin bahwa toko offline Anda benar-benar ada dan dapat dijangkau.

Anda Juga Akan Mendapatkan Fitur Google Bisnisku

Pernahkah Anda mencari informasi tentang lokasi bisnis dan sebuah kotak berisi informasi tentang bisnis muncul di sisi kanan layar pencarian Anda? Kotak yang berisi informasi itu adalah fitur Google Bisnisku yang disediakan oleh Google Maps.

Dengan menambahkan tempat bisnis di Google Maps, Anda sebagai pemilik bisnis akan mendapatkan fitur yang sama dari Google. Sangat menarik bukan?

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Ada tiga cara untuk mendaftarkan lokasi bisnis Anda dengan mudah ke Google Maps. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan lokasi bisnis di Google Maps:

1. Melalui Situs Web Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah fitur Google Maps yang dapat memudahkan calon pelanggan menemukan lokasi dan informasi bisnis Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1- Masuk ke situs Google Bisnisku

Google maps1

Pilih “Mulai Sekarang” untuk memulai proses pendaftaran Google Business

Baca Juga :   Panduan Google Adsense Khusus Bagi Blogger Pemula

Langkah 2- Tuliskan nama bisnis Anda

Google maps 2

Langkah 3- Anda harus memilih “Ya” jika Anda ingin alamat dan informasi bisnis Anda muncul di halaman pencarian.

Google maps 3

Langkah 4- Lengkapi alamat bisnis Anda sehingga Google dapat melacaknya dengan benar

Google maps 4

Langkah 5- Selanjutnya, Google akan memeriksa apakah bisnis Anda terdaftar atau tidak. Jika daftar yang keluar bukan urusan Anda, pilih “Tidak satu pun dari ini”

Google maps 5

Langkah 6- Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi bisnis Anda.

Google maps 6

Langkah 7- Opsi ini bagi Anda untuk memilih apakah akan melayani konsumen di luar kantor? Jika demikian, pilih opsi pertama, yaitu “Ya, saya juga melayani mereka di luar lokasi saya”. Selain itu, Google akan memberi tahu pelanggan Anda tentang lokasi kantor selain dari yang telah terdaftar.

Google maps 7

Langkah 8- Pilih kategori bisnis Anda Kategori ini memudahkan Google untuk merekomendasikan pengguna ketika mencari bisnis yang mirip dengan bisnis Anda.

Google maps 8

Langkah 9 – Setelah itu lengkapi informasi seperti nomor telepon bisnis dan situs web Anda.

Google maps 9

Langkah 10 – Setelah semua proses pengisian informasi terpenuhi, Google akan meminta izin Anda untuk mengirim pemberitahuan dan beberapa informasi terkait rekomendasi yang terkait dengan bisnis Anda. Jika Anda tidak senang, pilih “Tidak”. Jika Anda mau, silakan pilih “Ya”

Google maps

Langkah 11 – Setelah semua proses selesai, Google akan mengirim surat fisik ke alamat bisnis Anda untuk memastikan bahwa alamat yang Anda daftarkan tidak fiktif. Setelah itu, alamat dan akun Google Business Anda aktif. Proses pengiriman akan memakan waktu sekitar empat hari.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *