Cara Menjadi Orang Sukses Hanya Dengan 7 Langkah

cara-menjadi-orang-sukses

Apa itu Sukses?

Saya yakin anda mau jadi orang sukses. Dengan kesuksesan tersebut, anda bisa membahagiakan diri sendiri, keluarga, orang tua, pendamping, ataupun sahabat anda.

Tetapi, apa itu sukses?

Jujur saja, banyak orang yang menyebut orang sukses merupakan orang yang mempunyai banyak harta. Banyak pula orang yang bilang kalau orang sukses itu merupakan pejabat ataupun orang populer.

Mereka tidak salah. Kenapa? Sebab mereka mendefinisikan sukses bersumber pada indikatornya.

Dalam pemikiran saya, definisi sukses yang pas merupakan mencapai apa yang di idamkan. Yang di idamkan ini dapat berbentuk cita- cita, target, ataupun sasaran.

Bagaikan contoh, bila anda bercita- cita jadi seseorang dokter, setelah itu anda kuliah di fsayaltas medis serta lulus jadi dokter, anda sudah jadi orang sukses.

Contoh lain, bila anda mempunyai target keluar dari pekerjaan saat ini serta setelah itu terwujud, hingga anda bisa diucap seseorang yang sukses.

Pasti saja, sukses itu bukan akhir. Tetapi, dapat pula bagaikan dini buat mencapai keberhasilan lain.

Modal Dasar Kesuksesan

Yakin ataupun tidak, modal dasar buat sukses itu terdapat 2 ialah hard skill serta soft skill( attitude).

Hard skill merupakan keahlian teknis yang dapat diperoleh dengan belajar sendiri ataupun lewat pembelajaran/ pelatihan. Sementara itu, soft skill merupakan keahlian mengelola diri sendiri serta orang lain.

Mau contoh kedua modal ini? Baiklah…

Cermati contoh berikut. Mengemudikan mobil merupakan hard skill, sebaliknya metode anda bereaksi kala terdapat orang yang menyeberang di depan mobil anda ataupun terjebak macet ialah soft skill.

Contoh lain, seandainya Anda mau jadi seseorang blogger sukses, hingga hard- skill yang wajib anda kuasai antara lain menulis, membangun email list, search engine optimization( SEO), membuat produk, serta pemasaran.

Sementara itu, soft- skill yang mesti anda miliki antara lain percaya diri, tidak khawatir bersaing, tidak khawatir kandas, optimistis, menyesuaikan diri, integritas, kerja sama, serta respons anda terhadap kritikan.

Dari 2 modal ini, mana yang sangat berfungsi dalam kesuksesan seorang? Menurut riset Universitas Harvard, soft skill memastikan 80% kesuksesan seorang.

5 Sukses yang Wajib anda Perjuangkan

Asep Ridrid Karana, sahabat SMA saya yang saat ini ahli spiritual mind motivation, mengatakan kalau terdapat 5 sukses yang wajib diperjuangkan.

Baca Juga :   Menghasilkan uang dari blog itu mudah dan ini rahasianya

Berikut uraian pendek kelima sukses tersebut.

  • Sukses Spiritualitas
    Kesuksesan ini berkaitan dengan akhirat ataupun ketaatan anda terhadap agama yang dipeluk. Misalnya, bila anda beragama Islam, anda mesti melsayakan ibadah harus semacam sholat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, serta membayar zakat.Ibadah harus ini pula dilengkapi dengan ibadah sunat semacam menunaikan umrah, shalat tahajud, membaca Al- Quran, serta sebagainya.
  • Sukses Finansial
    Kesuksesan finansial berkaitan dengan duit. Memanglah duit bukan segalanya, tetapi anda perlu duit buat bermacam- macam keperluan tiap hari.Semacam apa sukses finansial? Biasanya berbentuk karier yang brilian, rumah yang layak, kendaraan individu, tabungan masa depan, ataupun bisnis yang menguntungkan.
  • Sukses Kesehatan
    Apalah maksudnya banyak harta ataupun memiliki jabatan besar jika anda sakit- sakitan. Dapat jadi harta anda hendak habis dipakai berobat. Oleh sebab itu, anda mesti mempunyai badan yang sehat.Upaya yang dicoba dapat berbentuk berolahraga teratur( misalnya lari pagi 3 kali seminggu), makan santapan sehat, rehat lumayan, serta benak positif.
  • Sukses Keluarga
    Sempat memandang orang kaya ataupun selebritis yang rumah tangganya berhamburan? anda bisa jadi tidak mau semacam mereka. Oleh sebab itu, anda mesti berupaya buat sukses dalam berkeluarga.Wujudnya dapat berbentuk rumah tangga yang harmonis, kanak- kanak yang sholeh, pendamping yang penafsiran, hormat kepada orang tua, serta rukun terhadap kerabat.
  • Sukses SosialDalam menempuh hidup ini anda tidak dapat sendiri, bukan? Ya, anda perlu orang lain, entah itu sahabat, rekan kerja, ataupun orang sebelah.

    Oleh sebab itu, sukses sosial yang mesti anda perjuangkan antara lain aktif di area rumah, berkerja sama dengan rekan kerja, mempunyai banyak sahabat, bersedekah kepada orang yang tidak sanggup, menaati peraturan, serta menyantuni anak yatim.

Tahapan Jadi Orang Sukses

Dari uraian di atas, anda telah mengerti definisi, modal, serta tipe sukses. Saat ini waktunya anda mengenali apa saja yang butuh dicoba supaya anda mencapai kesuksesan. Buat jadi orang sukses, jalani 7 langkah berikut:

Yakinlah kalau anda mampu sukses

Mulailah dengan meyakinkan diri kalau anda sanggup sukses. Kenapa? Sebab jika anda percaya mampu sukses, anda telah setengah jalur menunju kesuksesan.

Buat meyakinkan diri sendiri, ambil ataupun amati kaca. Tatap wajah anda dengan seksama buat sekian banyak dikala. Kemudian, bicaralah pada diri sendiri kalau anda dapat sukses.

Panduan lain, anda dapat memprogram pikiran bawah siuman anda. Tanamkan dalam alam bawah siuman kalau anda dapat sukses semacam ataupun lebih dari orang lain.

Tetapkan sasaran

Sesudah meyakinkan diri sendiri, kini saatnya anda membuat target. Target ini dapat jangka pendek( misalnya satu tahun ataupun satu bulan) ataupun jangka panjang( misalnya 5 ataupun 10 tahun).

Apa yang wajib jadi target anda? Bila mengizinkan, tetapkan target buat kelima sukses di atas. Bila kebalikannya, ambil satu saja selsaya prioritas, misalnya sukses finansial.

Supaya target itu bukan semata- mata khayalan, anda mesti menetapkannya dengan mencontohi kriteria SMART ialah spesific( khusus), measurable( bisa diukur), achievable( bisa dicapai), relevant( relevan), serta time- bound( terdapat tenggat waktunya).

Jangan tsayat bila anda belum mengerti dengan prinsip SMART ini. Contoh di dasar ini dapat menolong anda memahaminya.

Katakanlah anda seseorang blogger senior yang memahami SEO. anda mau membuat novel tentang SEO. Hingga, anda membuat 2 target berikut:

Target 1: Menulis suatu buku

Target 2: Menulis draft awal novel tentang SEO sejauh 10. 000 kata dari 30 Mei– 8 Juni 2016.

Dari 2 target tersebut, mana yang penuhi kriteria SMART? Pasti saja target yang kedua. Sebabnya merupakan:

Specific: Menulis draf awal novel tentang SEO

Measurable: 10. 000 kata

Achievable: ya, dengan metode menulis 1. 000 kata sehari

Relevant: Relevan dengan profesi blogger

Time- bound: 30 Mei– 8 Juni 2016

Buat rencana tindakan

Target SMART membagikan cerminan kepada anda menimpa apa yang hendak diraih. Cerminan itu terus menjadi jelas bila anda membuat peta( rencana kegiatan) mencapai target tersebut.

Macam mana membuat rencana kegiatan? Mudah. Yang perlu anda jalani merupakan mengenali serta menulis langkah- langkah mengarah target tersebut.

Biar tidak lupa, taruh rencana kegiatan tersebut di tempat yang gampang anda amati. Selsaya contoh, anda mencetak rencana kegiatan serta menempatkannya di depan meja kerja anda.

Dapat pula, anda memublikasikan rencana kegiatan tersebut di account Facebook anda supaya menghasilkan sayantabilitas.

Bertindak

Seluruh target dapat jadi omong kosong bila anda tidak berperan. Oleh sebab itu, bertindaklah sesuai rencana aksi yang sudah anda buat.

Macam mana caranya bertindak? Masukkan rencana aksi dalam to- do list setiap hari anda. Tempatkan bagaikan prioritas awal, mengalahkan tugas- tugas anda yang lain.

Pada contoh di atas, to- do list anda pada bertepatan pada 16 Mei 2016 dapat semacam ini:

Memvalidasi ilham topik( 1 jam)

Menanggapi persoalan wisatawan( 30 menit)

Menulis artikel web( 2 jam)

Dalam praktiknya, kerjakan tugas prioritas anda terlebih dulu. Sesudah berakhir, coret tugas tersebut dalam to- do list anda ataupun anda dapat pula berikan ciri X pada tanggal kalender.

Gimana jika malas datang menerjang? Itu biasa.

Bukan cuma kepada anda, tetapi malas biasa pula tiba kepada orang lain yang lagi mengejar keberhasilan.

Yang tidak biasa merupakan anda membiarkan rasa malas tersebut menghentikan langkah anda. Buat menanggulangi rasa malas, mulailah sedikit demi sedikit.

Selsaya contoh, bila anda menargetkan menulis 1. 000 kata, mulai dengan menulis 50 kata saja.

Laksanakan kaji ulang

Langkah kelima merupakan mengkaji ulang( review) seluruh aksi anda. Kenapa ini wajib dicoba?

Sebab dengan kaji ulang, anda dapat mengenali apakah anda berjalan di jalan yang benar ataupun kebalikannya.

Kaji ulang ini dapat dicoba secara harian, mingguan, bulanan, ataupun 3 bulanan. Dari opsi tersebut, saya merekomendasikan anda buat melaksanakan kaji ulang mingguan.

Kenapa? Sebab tidak merepotkan serta anda bisa lekas mengenali pencapaian anda.

Apa yang wajib dikaji ulang? Simpel saja. Bandingkan pencapaian anda minggu tersebut dengan rencana aksi anda.

Bagaikan contoh, bila seminggu anda wajib menulis 7. 000 kata, serta nyatanya anda cuma sanggup menulis 5. 000 kata, sehingga anda mesti mencari tahu kenapa permasalahan itu berlangsung.

Pakai metode 5 kenapa buat mencari pangkal perkaranya.

Tindaklanjuti

Sesudah dikenal pangkal perkaranya, tindaklanjuti buat melenyapkan penyebabnya. Sebagai contoh, pangkal permasalahan anda tidak dapat menulis sesuai sasaran ialah karna anda kurang tidur.

Hingga, istirahatlah yang lumayan. Dengan demikian, tubuh anda fresh serta anda juga dapat berperan dengan lebih produktif.

Syukuri kesuksesan

Sehabis anda berperan dengan keras serta bisa jadi pula pintar, anda hendak mencapai kesuksesan. Syukuri kesuksesan tersebut.

anda dapat melaksanakannya dengan sujud syukur ataupun memanjatkan doa cocok keyakinan anda. anda pula dapat mentraktir makan pendamping, keluarga, sahabat, ataupun kanak- kanak yatim.

Semacam anda amati, metode jadi orang sukses itu simpel. Seluruh orang dapat melaksanakannya, tercantum anda. Jadi, cobalah ketujuh langkah yang telah saya jelaskan di atas. saya optimistis anda hendak jadi orang sukses!

Beri Komentar