Home / bisnis / Inilah bisnis online yang bisa anda jalankan – Metode Selling Own Product

Inilah bisnis online yang bisa anda jalankan – Metode Selling Own Product

Inilah bisnis online yang bisa anda jalankan - Metode Selling Own Product
Inilah bisnis online yang bisa anda jalankan – Metode Selling Own Product
Menjual produk Anda sendiri. Inilah salah satu model bisnis di internet yang paling populer dan banyak dilakukan di internet. Kategori ini juga merupakan kategori pertama yang sering dilakukan. Di Indonesia model bisnis ini paling banyak ditemukan dan sangat populer dimasyarakat sekarang, hampir semuanya bisa Anda jadikan sebuah bisnis online. Anda akan menemukan segala macam produk.
Cobalah cari satu produk pasti Anda akan sangat mudah menemukannya. 

1. Menjual physical product atau produk fisik yang Anda miliki melalui website Anda

Contoh produk: buku, baju, jilbab, produk elektronik, CD MP3, DVD Film, obat, mainan anak, video game, furniture, dan lainnya. Produk disini bisa berupa produk Anda sendiri, atau Anda beli dahulu (stok) dan Anda jual kembali melalui website Anda sendiri.Pada model bisnis ini, aktivitasnya dikelola sendiri.  
Mulai dari stok barang, menerima pesanan, mengurus pengiriman pada pembeli. Lebih dikenal dengan Toko Online. Dimana Anda memiliki sebuah toko, namun produknya dipajang secara virtual pada website Anda dan website ini menjadi toko Anda. Contoh suksesnya adalah Amazon.com yang merupakan online store terbesar dibunia. Anda bisa dengan mudah menemukan model bisnis jenis ini di internet.

Tips : Lihatlah berbagai macam toko online yang ada di internet. Dengan mengamati Anda bisa belajar banyak tentang tampilan website, cara menampilkan produk, cara transaksinya. Anda bisa search di Google.com, coba ketik „toko buku online‟ untuk mencari toko buku online di Indonesia. Anda bisa coba dengan kata yang lain. 

2. Menjual physical product atau produk fisik yang Anda miliki melalui website populer seperti tokopedia atau bukalapak

Model/cara bisnis ini mirip dengan yang sebelumnya, namun Anda memajangnya pada website lain yang biasanya jauh lebih populer dan banyak pengunjungnya. Cara ini selain bisa meningkatkan jumlah pengunjung juga bisa meningkatkan penjualan, karena biasanya website populer ini memiliki banyak pengunjung.  
Ini membantu kerja Anda karena mendatangkan pengunjung ke sebuah website tidak mudah. Jadi mengapa tidak memajang produk
Anda di website yang sudah terkenal?Tentu ada fee/bayaran pada situs populer itu karena prinsipnya seperti Anda memajang pada etalase di Mall/Plaza, namun produk Anda akan lebih banyak dilihat orang. 
Contoh website populer yang sukses menciptakan penjualan di indonesia adalan Tokopedia.  Seseorang bisa sukses hanya dengan memajang produknya di Tokopedia. Website ini memiliki jutaan pengunjung setiap harinya, bayangkan pada tingkat penjualannya. Produk Apapun bisa Anda jual di Tokopedia.  

Tips : Kunjungilah website perdagangan seperti Tokopedia.com Lihatlah kategori apa saja yang dijual, lihat barang apa saja yang best seller di tokopedia. Kunjungi juga website-website penjualan lainya seperti lazada,bukalapak, dan lainya

3. Menjual Ebook 

E-Book atau Elektronik Book adalah jenis buku digital biasanya berupa PDF yang bisa dibaca melalui komputer atau PDA atau Anda cetak/print agar lebih mudah membacanya. Penjualan ebook populer ditahun 2000 namun tetap masih memiliki peluang bisnis dimasa sekarang. Harga ebook tergantung dari isi materi ebook itu sendiri. Jika Anda bisa menciptakan ebook berkualitas harganya cukup tinggi. 

4. Menjual Multimedia Course 

Ini adalah pengembangan dari menjual ebook. Akan lebih mudah jika penjelasan disampaikan juga dengan media audio visual selain dengan ebook, bisa dalam bentuk DVD atau CD. Namun bisa juga Anda mengemasnya dalam bentuk flash, powerpoint, MP4, MP3 dan lainnya, oleh karenanya harga mulitimedia course bisa lebih tinggi dari pada ebook. 
Dapat juga digunakan media download selain dropshipping, dan cara ini lebih disukai karena dapat menghemat biaya produksi bagi penjual dan waktu bagi pembeli karena tidak perlu lagi menunggu barang kiriman.Topik yang dijual cukup beragam dan luas cakupannya. Mulai dari course cooking/memasak, course menjahit/handcraft, course cara menghasilkan uang, course trading forex,
course bisnis property,  sampai course belajar bahasa inggris. 

Tips : Untuk melihat cara jual ebook, cari di Google, coba dengan materi yang ingin Anda miliki, seperti Mastering Online Business ebook. Untuk melihat cara jual mutimedia course atau ecourse, sering disebut juga home study course. Contohnya Photoshop ecourse, sebuah panduan desain grafis dengan menggunakan photoshop. Perhatikan, cara mereka menjual ecourse,  Anda akan melihat pola yang sama.

5. Menjual Software 

Bisnis yang satu ini juga sangat populer. Software adalah salah satu produk yang paling banyak dibeli di internet. Software yang dijual di internet sangat luas cakupannya. Mulai dari software untuk keperluan komputer sehari-hari (anti virus, anti spyware, anti malware, anti spam dan firewall) software untuk belajar bahasa (translator dan kamus),  software untuk marketing di internet, software untuk berbisnis di internet, dan masih banyak lagi jenisnya. 
Apakah Anda harus pintar dalam membuat software/program? Jawabannya TIDAK. Mayoritas penjual software hanya seorang marketer, bukan seorang programmer/developer. Mereka memiliki ide tentang software yang trend dan banyak dicari orang kemudian mencari orang yang bisa membuatnya, kemudian menjual hasilnya. Ingat, jika tidak menguasai Anda bisa delegasikannya pada yang lebih ahli.  
Seorang marketer yang cerdas akan membuat software yang biayanya perlu dibayarkan secara periodik, setiap bulan atau setiap tahun. Sehingga untuk bisa menggunakan software tersebut pengguna harus membayar biaya bulanan atau tahunan. Cara cerdas karena upaya melakukan satu kali penjualan bisa menciptakan omset terus menerus dari setiap produknya. 

6. Menjual Akses/Membership. 

Bisnis ini cukup populer saat ini. Seorang pembeli tidak membeli produk/jasa, melainkan membeli akses untuk dapat menggunakan sebuah fasilitas atau layanan. Dalam bisnis konvensional contohnya membership club golf, membership club fitness, dan lainnya. Selama menjadi anggota Anda terus menggunakan fasiltas yang disediakan.
Dalam bisnis internet, bisnis membership cukup luas penerapannya. Biasanya yang diberikan pada anggota adalah informasi baru yang bernilai secara kontinyu bagi anggotanya. Jadi selama menjadi anggota dia dapat mengakses informasi terbaru yang disediakan secara eksklusif bagi anggotanya. Biasanya informasi yang diberikan dilakukan secara periodik. Contohnya informasi tentang menurunkan berat badan, infomasi diberikan bertahap, minggu 1.. minggu 2.. dst. Selama menjadi anggota, dia akan terus mendapat informasi bernilai selajutnya.
Membership site dibuat untuk bidang apa saja. Pendidikan, peningkatan karir, hobby, kesehatan, sales, marketing, dan masih banyak lagi. Selama Anda menyediakan sesuatu yang sangat berharga maka para anggota akan dengan senang hati memperpanjang keanggotaan mereka. Sangatlah umum jika sebuah membership site bisa menciptakan $5000 usd – $10.000 usd perbulan. 
Kuncinya Anda bisa memberikan informasi atau sesuatu yang sangat berharga setiap bulannya (kadang ini menjadi faktor tantangan, tapi ingat Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk membantu Anda) dan faktor kali akan memberikan Anda omset berlipat ganda.
Dengan membuat membership site, dari sisi pembuat adalah sangat bagus karena sudah bisa memiliki omset yang kontinyu setiap bulannya. Jika Anda memiliki keahlian khusus dan ingin mengajarkannya bisa memulai bisnis model ini. 

Tips : Carilah membership site di internet dengan bidang yang Anda suka. Misalkan Anda suka memasak, coba cari cooking membership site, lihat apa yang menarik dan berharga yang diberikan pada anggotanya. Coba cari lagi website membership dan perhatikan, Anda akan mengetahui bagaimana agar anggota mau membayar biaya keanggotaan dengan senang hati. 

7. Menjual Produk Yang Haknya Anda Miliki. 

Ini adalah sebuah model bisnis yang hanya akan Anda temui di internet. Pada umumnya produk informasi yang ada di internet seperti ebook, software, video dan audio biasanya hanya mencantumkan lisensi / label produk Anda. Ada dua jenis dari produk ini. Yaitu: 
  1. Resell Rights.
    Bila produk yang Anda beli menuliskan memiliki label Resell Rights, maka Anda bisa menjual kembali produk tersebut pada enduser dan mendapat keuntungan 100% dari produk tersebut. Namun costumer Anda tidak dapat menjualnya kembali.
  2. Master Resell Rights. Sedikit dengan produk Resell Rights, dimana produk berlabel Master Resell Rights ini membolehkan Anda menjual produk tersebut, dan costumer Anda tersebut juga bisa menjualnya kembali dengan keuntungan 100% untuk dirinya.

Jika Anda tidak mempunyai sebuah produk untuk dijual atau membuat produk sendiri dirasa sulit maka pilihan produk Resell Rights  dan Master Resell Rights ini bisa menjadi jalan keluar terbaik.Kompensasi 100% tanpa membuat produk sendiri membuat banyak orang tergiur untuk  berlomba menjualnya sehingga membuat kompetisi menjadi ketat. Siapa yang kreatif memasarkannya bisa memperoleh keuntungan lebih. 

Tips : Untuk mencari produk resell rights, tinggal cari di internet. Coba cari melalui Google fat loss
resell rights. Lihat produk apa saja tentang fat loss ini yang memiliki lisensi resell rights. 

8. Menjual Produk Packaging Ulang / PLR (Private Licence Right) 

Adalah lisensi yang memungkinkan Anda melakukan sebuat setting ulang / edit terhadap sebuah produk dan menjadikannya miliki Anda, kemudian menjualnya kembali. Luar biasa bukan? Bahkan Anda dapat menemukan banyak produk PLR yang Anda cari di internet.Marketer yang sukses dalam model bisnis internet ini adalah mereka yang memiliki kreatifitas tinggi sehingga bisa membuat produk PLR tersebut memiliki keunikan dan jadi produk baru dan tidak terlihat itu produk PLR yang sudah dirubah nama, tampilan website dan lainnya. 
Ini adalah cara cerdas dan sederhana dalam membuat produk baru tanpa harus memulainya dari awal. Inilah salah satu keuntungan Anda bisa berbisnis lewat internet. Meskipun produk PLR ini memberikan kemudahan untuk tidak membuat produk dari awal, siapapun yang memiliki minat untuk menekuni bisnis ini harus membeli lisensi produknya dari owner sebagai legalisasi bahwa Anda memiliki hak untuk merubah dan menjadikannya sebagai produk sendiri yang diperjualbelikan. 

Tips : Untuk mencari produk berlabel PLR atau private licence rights , tinggal cari di Google, misal ebook golf plr. Lihat produk apa saja mengenai golf yang memiliki label PLR sehingga Anda dapat merubahnya kembali menjadi produk unik miliki Anda

Nah itulah sedikit ulasan yang bisa saya bagikan dalam kesempatan ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi yang baik bagi anda semua, salam sukses
Baca Juga :   Investasi emas. inilah kesalahan yang sering dilakukan pemula

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *