Home / blogger / Inilah cara membangun bisnis online yang menguntungkan

Inilah cara membangun bisnis online yang menguntungkan

Bagi semua pemula, membina sebuah bisnis online itu pasti terasa sangat sulit. sebab tidak tahu mesti mengerjakan apa dan dari mana mesti memulainya. Sebenarnya ada banyak sekali tutorial online yang mengajarkan tentang bagaimana teknik memulai bisnis online tertentu.
Sebaiknya kita memahami dan menilai jenis bisnis online laksana apa yang bakal dijalankan oleh kita. sebab model bisnis online sebenarnya sangat tidak sedikit, dan bahkan anda bisa menemukan berbagai jenis bisnis online dengan tingkat kendala yang berbeda-beda.

Di samping itu, andai kita serius hendak membangun sebuah bisnis online maka kita pun perlu belajar membina sikap mental yang positif. Beberapa sikap mental itu adalah:
  1. Mau belajar dengan serius
  2. Mau bekerja keras
  3. Pantang menyerah
  4. Punya mimpi yang besar dan terukur
  5. Mau menanggung semua resiko
Nah kini kita akan membicarakan bagaimana teknik memulai bisnis online yang menguntungkan dan dengan jangka panjang. Dari sejumlah model bisnis online di bawah ini, barangkali sesuai dengan minat dan keterampilan yang anda miliki.

1. Membangun Blog/ Website

Berdasarkan keterangan dari saya, ini ialah langkah mula yang paling gampang yang dapat dilakukan oleh seorang pemula untuk membina sebuah bisnis online. Belajar membina sebuah blog/ situs dengan topik tertentu dan menyerahkan manfaat untuk audiens ialah sesuatu yang tidak terlampau sulit. Kita dapat membuat blog yang bersangkutan dengan minat/hobby dan keahlian, pasti ada tidak sedikit orang yang berminat atau hobby yang sama dengan Anda. Mereka berikut yang nantinya menjadi audiens Anda.
Setelah blog/ situs aanda memliki banyak pengunjung, Anda dapat memonetize blog itu dengan banyak cara. Beberapa teknik memonetize blog Anda ialah dengan memasang iklan, contohnya menjadi publisher dan memasang iklan PPC Google Adsense, iklan produk sendiri, iklan affiliasi, memasarkan jasa tulisan review, dan lain-lain. Jika kita mempunyai sebuah blog yang profesional, tentu*akan menyerahkan keuntungan jangka panjang dari sekian banyak jenis monetize yang anda pasang di blog anda.

2. Membangun Toko Online

Membuat toko online sendiri bukan urusan yang susah lagi, dan salah satu teknik termudahnya ialah membuat toko online dengan platform WordPress. Jika kita memang punya kemahiran dalam bidang web developmen pasti akan lebih gampang lagi dalam menciptakan toko online. Biasanya toko online dipakai untuk berjualan produk fisik dengan teknik memajang produk itu di toko online kita dan mempromosikannya di sekian banyak media online dan sosial media sepert facebook. instagram dan lainya.
Lalu bagaimana andai kita tidak punya produk sendiri? Kita dapat menjual produk orang beda yang memang tidak sedikit dicari di internet, yakni dengan mengekor program dropship dari suplier besar. Keuntungan bisnis dropship ini ialah kita tidak akan pusing dalam urusan pengadaan barang, tidak butuh menyetok barang, tidak perlu mengerjakan proses packing dan ekspedisi barang, dan suplier mengirim barang itu atas nama anda sebagai empunya toko online.

3. Menjual Produk Digital

Kalau anda punya kemahiran di bidang tertentu, maka kemahiran tersebut dapat kita jual dalam format eBook, video, atau membership. Model bisnis ini potensinya luar biasa, lagipula dijaman digital ketika ini, di mana orang semakin banyak yang lebih memilih membaca buku digital dibanding buku fisik.
Produk digital ini seringkali laris di komunitas-komunitas tertentu. Misalnya di komunitas pebisnis online, produk laksana eBook, video, dan membership yang bersangkutan dengan ilmu internet marketing tentu akan laris manis. Nah andai Anda punya kemahiran dalam bidang tertentu, usahakan kita menjualnya secara online.

4 Menjadi Affiliate Marketer

Ok, Anda telah punya blog sendiri namun belum punya produk yang hendak dijual, bagaimana teknik menghasilkan duit dari blog tersebut? Salah satu opsinya ialah menjual produk orang beda atau bahasa kerennya affiliate marketer. Produk yang dijual dapat dalam format fisik ataupun dalam format digital, Anda dapat menilai produk laksana apa yang sangat relevan dengan blog Anda.
Misalnya blog/ situs Anda memuat topik mengenai produk produk fisik, maka bisnis affiliasi yang sangat sesuai dengan blog Anda ialah menjual produk fisik. Anda dapat bergabung menjadi affiliate di situs-situs yang menawarkan program afiliasi, contohnya situs #Lazada.

5. Menjadi Penulis Artikel (Ghost Writer)

Profesi yang satu ini lumayan laris di internet sebab saat ini sangat banyak pemilik situs yang memerlukan penulis konten untuk website mereka. Bukan melulu situs besar saja yang memerlukan penulis, situs-situs yang masih merintis pun membutuhkan penulis-penulis handal.
Walaupun bisnis yang satu ini terkesan sulit, cukup banyak sekali yang berhasil menjalankan profesi sebagai penulis. Jadi, bikin Anda yang berminat besar dalam menulis, manfaatkan minat dan kemahiran menulis itu menjadi ladang penghasilan.
Nah, sesudah membaca tulisan ini, pastinya Anda telah punya sedikit cerminan tentang bagaimana teknik memulai bisnis online yang menguntungkan. Walaupun kita masih pemula, tidak boleh pernah takut berlomba karena akan tidak jarang kali ada ceruk yang dapat dimanfaatkan di bisnis online. Tentukan jenis bisnis online yang cocok dengan keterampilan dan minat Anda, kerjakan sekarang, kerjakan dengan serius pasti anda akan sukses

4 Langkah Membangun List Building

List Building
Referensi Pihak Ketiga
List building sebetulnya tidak membutuhkan modal yang cukup besar, namun dalam membangun list building anda perlu memiliki ketelitian dalam menjalankanya, karena jika anda mencoba untuk membangun bisnis ini, maka anda akan bermain dengan data
Namun pada umumnya bisnis semacam ini banyak sekali dicari oleh para peusahaan, karena biasanya perusahaan membutuhkan jasa list building untuk meluncurkan bisnis mereka ke semua pelanggan, agar memiliki kecepatan dalam menjual produk yang mereka tawarkan.
Mungkin anda pernah mendapatkan email dari sebuah perusahaan yang menawarkan produknya, atau hanya sekedar memberikan informasi mengenai sebuah produk.? itulah list building, atau bisa juga disebut dengan email marketing, 
Namun di era yang serba mdern ini, list building banyak sekali macamnya, jika dulu kita hanya mengandalkan untuk membangun list emial, sekarang sudah mulai berkembang, bukan hanya email saja yang kita perlukan, namun whatsapp, telegram, bbm, dan lainy sebagainya, dan ini adalah pekerjaan yang sangat sulit untuk di jalankan, 
Meskipun demikian, jika anda sudah bisa membangun salah satu dari list diatas, dan memfilternya atau mensortirnya berdasarkan kelompok, maka anda akan mendapatkan kemudahan dan bisa menawarkan pelayanan yang memuaskan,karena banyak pilihan list building yang bisa anda tawarkan
Apa yang harus dilakukan untuk menambah daya tarik list building bagi perusahaan.?

Perusahaan juga memiliki kriteria yang berbeda, atau bisa disebut dengan target marketing, misalnya saja sebuah prusahaan sandal, tidak mungkin dia akan menawarkan sandal kepada para peminat yang cendrung menggunakan sepatu buka,?
Nah oleh sebab itu anda harus pandai menyortir list building yang anda miliki, dibawah ini akan saya jelaskan sortiran atau filteran yang sering dibutuhkan oleh perusahaan untuk menargetkan bisnis mereka,

1. Berdasarkan Usia

Bagia dan pisahkan list anda berdasarkan usia, ini akan menjadi tolak ukur dalam sebuah perusahaan, karena biasanya perusahaan akan menargetkan produknya kepada usia tertentu, karena tidak mungkin donk, jualan sepatu kerja kepada anak-anak sekolah,

2. Beradarkan Pekerjaan 

Urutkan list building anda berdasarkan pekerjaan mereka, ini akan menjadi target yang paling banyak disukai oleh para pelaku bisnis, dengan begitu para perusahaan akan mendapatkan target yang tepat, dan bisnis building anda akan meningkat dengan pesat

3. Berdasarkan Hobi

Ini juga perlu, karena dengan mengetahui hobi dari target list, kita bisa memanfaatkan untuk menawarkan produk yang mungkin saja berkaitan dengan kebutuhan hobinya, misalnya hobi olah raga, maka kita dapat memanfaatkan list ini untuk menjual berbagai kebutuhan alat lah raga

4. Berdasarkan Jenis Kelamin

Nah meskipun ini memang tidak terlalu dibutuhkan, namun tetap saja anda harus bisa memilih dan memisahkan list anda berdasarkan jenis kelamin, karean ini akan sangat mempermudah pemasaran berdasarkan kebutuhan yang biasanya sering digunakan oleh perempuan atau laki-laki.
Mungkin hanya itulah yang bisa saya share pada kesempatan kali ini, sebetulna masih banyak yang harus diperhatikan dan dipisahkan berdasarkan kebutuhan, namun yang ke empat diatas ini adalah inti dari sekian banyak kategori yang perlu anda pisahkan 
Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk mengetahui sedikit ilmu yang saya miliki, silahkan share jika artikel ini bermanfaat
Baca Juga :   Usaha modal patungan, Ini dia rahasia kesuksesanya,

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *