Perbedaan kartu kredit dan kartu debit

Perbedaan Kartu Kredit Dan Kartu Debit

Tentunya Anda pernah mendengar kartu debit dan kartu kredit. Namun apakah anda perbedaan kedua kartu tersebut.? Jika Anda belum mengetahui atau belum yakin perbedaan keduanya, maka redaksi forbisnis.com kali ini akan mengulas kedua perbedaan kartu tersebut. agar anda bisa lebih mengetahui dan memahami perbedaan kedua kartu tersebut.

Perbedaan antara kartu debit dan kartu kredit ya itu dari mana uang itu berasal, ketika anda melakukan pembelian di marketplace misalnya, Anda menggunakan kartu debit. Maka uang pembayaran itu diambil dari rekening giro yang anda miliki yang merupakan tantangan anda. Namun ketika anda melakukan pembelian atau pembelanjaan menggunakan kartu kredit, maka itu akan menggunakan uang uang yang dipinjam dari bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut, dan anda berkewajiban untuk membayar uang tersebut sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan.

Anda pernah terfikir untuk melakukan pinjaman online.? sebaiknya anda baca resiko pinjaman online yang akan anda hadapi

katu kredit dan kartu debit

Apa sih kartu kredit.?

Kartu kredit ialah salah satu alat pembayaran yang memungkinkan anda untuk bisa meminjam uang dari bank setiap kali anda melakukan pembelian yang menggunakan kartu kredit, karena itu anda memiliki akses ke sejumlah uang yang sebenarnya bukan milik anda. (utang) dan anda memiliki kewajiban untuk membayar uang tersebut sebelum tanggal jatuh tempo, biasanya di antara 21 hingga 25 hari.

Lalu apa kartu debit itu.?

Kartu debit sebuah kartu pengganti uang tunai, anda melakukan pembelian menggunakan kartu debit, maka uang yang anda bayarkan itu adalah uang anda sendiri yang ditarik dari rekening anda. Sehingga anda tidak berkewajiban untuk membayar bunga dari pembelian yang Anda lakukan tidak seperti kartu kredit.

Perbedaan kartu kredit dan kartu debit

Kartu kredit dan kartu debit sebetulnya memiliki beberapa kesamaan, bisanya memiliki nomor rekening 16 digit, memiliki tanggal kadaluarsa, dan kode keamanan 3 digit yang terdapat di belakangnya, namun ada juga beberapa perbedaan yang paling utama diantara kedua kartu tersebut dan ini akan membantu anda untuk memutuskan kartu mana yang akan anda gunakan.

Kartu kredit dihubungkan ke jalur kredit, sementara kartu debit didanai oleh uang direkening tabungan anda sendiri

Pembelian yang dilakukan menggunakan kartu debit tentu akan mengurangi saldo di rekening tabungan anda, sehingga jika anda melakukan pembelian menggunakan kartu debit akan memberikan anda lebih sedikit uang pemberian tambahan, karena anda tidak harus membayar bunga. Dan saat anda lakukan pembelian menggunakan kartu debit maka anda tidak membuat hutang apapun. Sangat berbeda dengan kartu kredit yang membuat hutang ketika anda melakukan pembelian.

Kartu debit tidak memerlukan pembayaran minimal bulanan.

Jika Anda menggunakan kartu debit sebagai pembayaran belanja anda itu akan dibayar dari uang rekening giro anda atau tabungan yang anda miliki, Jadi anda tidak harus melakukan pembayaran bulanan pada kartu debit anda. Namun mungkin anda hanya akan dikenakan biaya administrasi bulanan yang sudah ditentukan oleh pihak bank berupa administrasi kartu debit saja dan itu tentu berbeda-beda.

Pembelian yang dibayar menggunakan kartu debit tidak akan dikenakan bunga

Karena anda tidak meminjam uang untuk melakukan pembayaran belanja anda maka tidak ada biaya keuangan terkait dengan kartu debit anda, Bahkan anda bisa belanja sesuai dengan saldo yang ada ada di tabungan anda,

Menggunakan kartu debit tentu tidak akan mempengaruhi kredit Anda

Kartu debit serta penggunaan rekening tabungan anda tidak harus secara rutin dilaporkan ke biro bagian kredit dan tidak termasuk kedalam skor kredit rendah, dan ini artinya Anda tidak akan bisa membangun kredit menggunakan kartu debit.

Anda bisa meningkatkan batas pengeluaran belanja anda sendiri

Menggunakan kartu debit maka anda bisa menghabiskan uang sebanyak-banyaknya yang ada di rekening anda sendiri. Dengan menyetorkan lebih banyak uang ini memungkinkan anda untuk bisa berbelanja lebih banyak, namun jika Anda menggunakan kartu kredit maka Tentu saja Anda hanya bisa menghabiskan uang sesuai batasan kredit yang diberikan oleh penerbit kartu kredit Anda.

Penarikan uang tunai lebih murah menggunakan kartu debit

Ketika anda menggunakan kartu debit dan anda ingin melakukan penarikan uang melalui ATM, anda hanya akan menghadapi maksimum 2 biaya ATM. Satu dari operator bank ATM dan satu lagi dari bank yang digunakan.

Apakah anda ingin menggunakan kartu debit atau kartu kredit.?

Jika anda tidak peduli dengan skor kredit dan anda tidak ingin membayar dengan uang yang tidak anda miliki maka kartu kredit adalah cara yang paling tepat yang anda perlukan, namun jika anda menginginkan pembayaran instan dan menginginkan kredit sebagai alat pembayaran anda agar Anda bisa melakukan pembelanjaan dengan cara cicilan maka Tentu saja Anda harus memiliki kartu kredit.

Sebetulnya anda yang lebih tahu kartu mana yang akan anda gunakan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan yang lebih bagi Anda yang membacanya, khususnya bagi saya sebagai penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *