Home / investasi / Keunggulan Tabungan Emas, Investasi Anak Muda

Keunggulan Tabungan Emas, Investasi Anak Muda

Infestasi Emas Cocok Untuk Anak Muda

Generasi muda selalu identik dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, alias kesenangan hidup. Apalagi mereka yang berusia 20-30 tahun yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, tentu sangat tergoda untuk membeli barang-barang mewah untuk kesenangan pribadi. Misalnya, hanya membeli smartphone, sepatu atau tas keluaran mahal dari produk-produk asing yang menjadi hits untuk bepergian ke banyak negara di berbagai belahan dunia.

Keunggulan Tabungan Emas

Apakah itu salah?

Tentu tidak. Semua orang memiliki hak penuh untuk membelanjakan penghasilannya masing-masing. Hanya saja jika harus berpikir lama, berbagai kemewahan sebenarnya menjadi penyebab utama perilaku hidup konsumtif. Ada banyak cerita tentang orang-orang muda yang, meskipun gajinya tinggi, masih mengeluh kekurangan dan tidak bisa menyelamatkan dirinya dari kekurangan.

Jika dibiarkan, perilaku konsumtif ini jelas akan menyusahkan. Karena alasan ini, kaum muda sekarang harus berpikir panjang tentang masa depan mereka melalui menabung. Jika Anda merasa menabung di bank itu membosankan dan tidak untung besar.

  1. Mengapa Anda tidak mencoba berinvestasi dalam emas saja?
  2. Tunggu, investasi emas?
  3. Dengan emas batangan?

Investasi emas adalah salah satu jenis tabungan yang ternyata memiliki banyak keunggulan. Meskipun ada produk deposito, reksa dana ke bitcoin, tabungan emas memiliki banyak keuntungan yang memiliki dampak positif pada kehidupan orang muda.

Apa alasanya?

Lihatlah ulasan lengkapnya di bawah ini dan Anda dapat mengetahui bagaimana penghematan emas khusus itu.

Baca Juga :   Investasi emas. inilah kesalahan yang sering dilakukan pemula

Ini adalah 6 Keuntungan Penghematan Emas untuk Generasi Muda

Sumber Pendanaan Darurat di Masa Depan, Jika Kamu Sedang Butuh Dana Atau Uang Mendadak

Memiliki penghasilan besar di usia muda adalah suatu kebanggaan. Tapi tidak ada yang tahu masa depan. Bisa jadi sekarang Anda berkubang dalam kekayaan dan memiliki penghasilan yang pasti, tetapi beberapa tahun kemudian bisnis anda tiba-tiba bangkrut atau perusahaan bangkrut. Tentu saja tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama untuk menghadapi masalah keuangan.

Apalagi jika dihadapkan dengan masalah mendesak seperti harus menjalani operasi sesegera mungkin atau membayar sewa, tentu saja siapa pun butuh uang dengan cepat. Dengan memilih simpanan emas, masalah darurat bisa diatasi. Tidak seperti deposito atau reksa dana, emas lebih mudah diuangkan. Jika Anda memiliki tabungan emas, Anda dapat mengambil dan menjualnya dengan uang tunai dengan cara cepat

Tabungan Emas Memiliki Risiko Yang Sangat Kecil Bagi Penabung

Di era ekonomi global ini, setiap orang tentunya harus siap ketika ada perubahan inflasi. Seperti diketahui, inflasi dapat menyebabkan harga barang naik dan mata uang rupiah menurun. Pemerintah biasanya mengeluarkan kebijakan keuangan yang berdampak pada bunga deposito, bunga tabungan dan pasar saham. Namun untuk penghematan emas, Anda bisa bernafas lebih bebas.

Meskipun mengalami krisis ekonomi, harga emas cenderung lebih stabil meskipun nilai tukar cenderung meningkat setiap tahun. Inilah yang membuat rasio kehilangan emas lebih kecil dari jenis investasi lainnya. Keuntungan ini jelas membuat tabungan emas menjadi pilihan investasi jangka panjang yang sangat baik bagi kaum muda. Anda bisa membeli emas pada 2019 dengan harga Rp. 500 ribu / gram, lima tahun kemudian dijual lagi dengan harga Rp. 800 ribu / gram.

Baca Juga :   Inilah 5 alasan kenapa harus investasi emas bagi anak muda

Bentuk Emas Memang Bisa Berubah, Namun Kadar Emas Masih Tetap Sama

Keunggulan Tabungan EmasDibandingkan dengan jenis tabungan lain, emas adalah investasi yang paling efisien. Anda tidak hanya dapat menyimpannya dalam bentuk batangan emas, Anda dapat menyimpan emas dalam bentuk perhiasan seperti kalung, cincin, gelang dan anting-anting. Yang menyenangkan adalah, meski bentuknya berubah, kandungan emasnya tetap sama.

Bahkan jika Anda mengubah bentuk emas menjadi perhiasan dan menambahkan elemen lain, harganya bisa meningkat. Katakanlah Anda memiliki emas seharga Rp. 1,5 juta, tetapi ketika Anda membuat kalung dan menambahkan mutiara, harganya bisa melonjak menjadi Rp. 5 juta.

Jika Anda hobi berbelanja barang bermerek, ada baiknya juga mengumpulkan perhiasan emas. Selain bisa menjadi tabungan, perhiasan emas juga bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Untuk Membuka Tabungan Emas Tidak Membutuhkan Modal Besar

Keunggulan Tabungan EmasSalah satu alasan mengapa kaum muda enggan menabung adalah penghasilan yang biasa-biasa saja. Mereka sering menunggu sampai mereka memiliki penghasilan besar sehingga mereka dapat menabung dalam jumlah besar. Termasuk mereka yang berpikir demikian? Maka Anda harus mencoba menghemat emas. Tidak seperti yang lain, menabung emas tidak membutuhkan modal besar.

Saat ini ada banyak lembaga penjualan emas yang memberikan kemudahan bagi masyarakat melalui angsuran tabungan emas. Misalnya, Anda hanya memiliki sisa pendapatan sebesar Rp200.000, dapat dibuat untuk menghemat bubuk emas secara teratur sampai akhirnya dapat berjumlah beberapa gram emas di kemudian hari.

Tidak perlu repot pergi ke bank, beberapa agensi penjualan emas juga memberikan kemudahan untuk menabung melalui setoran ATM. Sangat efisien untuk anak muda yang terkadang harus ke bank, kan?

Ini jelas merupakan keuntungan bagi kaum muda yang biasanya beralasan malas untuk menabung karena mereka tidak punya waktu ke bank. Bahkan sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, penghematan emas sekarang tersedia di aplikasi smartphone Android atau iOS. Anda dapat melakukan transfer online dari rekening bank pribadi ke rekening tabungan emas dan dapat melihat perkembangan jumlah emas secara real time.

Baca Juga :   Bagaimaa cara menabung emas, dan inilah manfaatnya

Gak Usah Takut Bayar Pajak, Karena Pajak Emas Itu Sangat ringan

Sebagai warga negara yang baik, terutama mereka yang berpenghasilan, kaum muda juga harus memahami kewajiban membayar pajak. Untuk emas itu sendiri, pemerintah tampaknya telah menetapkan pajak sejak 2015. Sebelum 2015, emas memang dianggap sebagai bahan baku perhiasan sehingga tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Namun setelah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 107 / PMK.010 / 2015 keluar, transaksi emas batangan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh). Hanya saja Anda tidak perlu khawatir karena jumlah pajaknya jauh lebih ringan daripada jenis investasi lainnya. Berdasarkan peraturan tersebut, pajak penghasilan untuk batangan emas adalah 0,45%, yang diterapkan untuk semua kegiatan perdagangan emas masyarakat umum, kecuali untuk kegiatan ekspor-impor.

Memiliki Kinerja Dan Prinsip-Prinsip Syariah

Bagi sebagian Muslim yang penganut agama mayoritas di Indonesia, menabung di bank konvensional membutuhkan pemikiran yang cukup lama karena mereka khawatir terlibat dalam kegiatan riba yang jelas-jelas dilarang. Tetapi jika Anda memilih tabungan emas, Anda tidak perlu khawatir lagi. Satu keuntungan yang mungkin tidak banyak diketahui adalah bahwa tabungan emas di Indonesia telah memasuki ranah syariah.

Dijelaskan bahwa dalam proses transaksi investasi emas di lembaga yang kredibel, menggunakan Kontrak Murobahah dan Akad Wadiah. Ini jelas salah satu kelebihan dari penghematan emas karena bisa dipilih bagi Anda yang menerapkan ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa lebih tenang karena Anda memiliki tabungan untuk masa depan tanpa melanggar aturan agama.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *