Home / bisnis / Mau tau Keuntungan menjalankan bisnis online? Simak artikel ini

Mau tau Keuntungan menjalankan bisnis online? Simak artikel ini

Keuntungan menjalankan bisnis online
Keuntungan menjalankan bisnis online | Gambar by youtube
Menjalankan  bisnis  online  semakin  terbuka  lebar  untuk  siapa  saja. Selain  itu  peluangnya  juga  bisa  dibilang  lebih  mudah  dan  murah  serta memberikan  keuntungan  yang  besar  untuk  pelakunya.  Dengan  bisnis online,  berbagai  jenis  usaha  bisa  dijalanka dari  menjual  produk,  jasa, hingga membantu menawarkan produk orang lain sebagai reseller atau dropship.  Saat ini  jumlah pelaku bisnis online semakin banyak  karena memang banyak keuntungan yang didapatkan dari bisnis satu ini.

Berikut beberapa  keuntugan memilih  bisnis online:

Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar
Modal  utama  dalam  menjalankan  bisnis      online adalah  komputer, laptop  atau  notebook dan  jaringan  internet. Anda  tidak  perlu  toko atau  ruko,  gedung  dan  lain  sebagainya  yang membutuhkan  modal yang  sangat  banyak. Anda  bisa menjalankan  bisnis  online di  dalam kamar pribadi anda. Dengan hanya bermodalkan komputer,Modem dan langganan  internet  anda  sudah  bisa  memulai  bisnis  online.Bandingkan bila  anda  akan  memulai  bisnis  offline  toko  baju  misalnya  anda  perlu menyiapkan  modal  yang  tidak  sedikit  dari  sewa tempat,peralatan,Belanja  barang,promosi.  Biaya  Operasional    hanya untuk  internet  dan  listrik.
Jam kerja bisa disesuaikan
Bisnis online akan bekerja 24 jam non stop sekalipun anda tidur. Hal ini karena yang bekerja bukan anda tapi juga adanya sistem  yang berjalan. Tugas  anda  adalah  memfollow  up  dari  permintaan-permintaan  yang sudah  diterima  oleh  sistem  atau  permintaan  dari  konsumen  anda. Dengan  memilih  bisnis  online  maka  anda  bisa  dengan  mudah  untuk bekerja  bekerja kapan saja dan  dimana saja. Bila anda sibuk bekerja di kantor,  bisnis  online  ini  tetap  bisa  anda  kerjakan,  sistem  akan membantu  anda  untuk  mendapatkan  uang.  Jadi,  anda  bisa    bekerja dengan mudah   sekalipun anda memiliki banyak profesi.
Jangkauan pasar lebih luas
Bila  anda  menjalankan  bisnis  online,  maka    anda  bisa  mendapatkan konsumen dimana saja bahka diluar pulau pun juga bisa anda dapatkan. Dengan  fasilitas  koneksi  internet,  anda  bisa  memasarkan  produk dengan jangkauan yang sangat luas, bahkan bisa sampai ke luar negeri. Anda  tidak  harus  membayar  biaya-biaya  yang  sangat  mahal  karena semua itu bisa anda lakukan dengan gratis. Selain itu bisnis online juga berkaitan dengan SEO, dengan adanya  hal tersebut maka sangat besar kemungkinan bagi  anda untuk mendapatkan konsumen  dimana saja.
Pelayanan mudah dan cepat
Konsumen  semakin  dipermudah  dengan  berbagai  layanan  online  yang tersedia.  Mereka  bisa  Mau  membayar,  tinggal  transfer  saja,  mau menerima  barang  tinggal  menunggu  dirumah  saja  sampai  kirimannya sampai  dan  layanan  yang  lainnya. Dengan  pelayanan  yang  cepat tersebut  maka  siapa  saja  bisa  menjalankan  bisnis  online,  bila  ingin transfer dengan mudah dan kapan saja, tinggal  menggunakan internet banking atau sms banking.
Tempat
Bisnis  online  bisa  dilakukan    dari  meja  komputer  dirumah. Itulah  Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki bisnis offline adalah bisnis online bisa dilakukan  dari  meja  komputer  dirumah  jadi  anda  tidak  perlu  banyak aktifitas di luar ruangan.

BAGAIMANA MEMULAI BISNIS ONLINE

Sebelum  memulai  bisnis  online  di  internet  biasanya  orang  menemukan kesulitan,  yaitu  mereka  tidak  tahu  harus  memulai  dari  mana.  Untuk  itu anda  harus  memahami  langkah-langkah  awal  sebelum  memulai  bisnis online.  Pada  dasarnya  setiap  bisnis  online  memiliki  kebutuhan  yang berbeda-beda,  sehingga  salah satu  solusinya  mungkin  tidak  cocok untuk semua orang.
Tetapi  sebelum  memulai  bisnis  anda  secara  online,  ada  beberapa  hal- hal mendasar yang perlu anda pahami :
Tentukan produk atau jasa yang akan anda jual
Dalam  bisnis    online  anda  dapat  menjual  2  jenis produk,  yaitu produk  fisik  dan  digital.  Produk  fisik  ini biasanya  berupa seperti produk-produk kesehatan, kecantikan, herbal, suplemen,  pakaian,  fashion  dan  produk lain-lain. Produk ini yang nantinya perlu dikirimkan kepada pelanggan atau konsumen melalui jasa kurir seperti JNE, JNT, POS dan lainya, namun biasanya produk dikirim  setelah  proses  pembaran  selesai.  Untuk  produk  digital ini,  anda  dapat menjual  produk  yang disampaikan  secara  elektronik,  seperti  e-book download, musik MP3, perangkat lunak dan lain-lain.
Strategi penjualan
Ada  baiknya  bila    anda  mengetahui  dulu  siapa  target  market  anda, biaya  pengiriman,  cara  pembayaran,  proses  pengiriman,  sehingga mudah dalam menentukan harga akhirnya. Selain itu anda juga bisa memilih  strategi  promosi  dan  pemasaran  lewat  internet.  Informasi yang  anda sudah anda berikan  juga  sangat berpengaruh  dalam  menentukan  sebuah tingkat kesuksesan dala penjualan,  karena  informasi  dan  keberadaan  kita  akan  menjadi nilai tambah dalam kepercayaan  konsumen. Selain  itu  apakah  anda  nanti  menggunakan sarana  blog  atau    website  untuk  memberikan  penawaran    produk atau jasa kepada konsumen.
Pembayaran
Ada  banyak  alat  pembayaran  yang  bisa  anda  gunakan  untuk bertransaksi  secara  online.  Di  Indonesia  ini untuk  melakukan proses  transaksi online  pada umumnya  masih  dilakukan  secara  manual,  yaitu  dengan media  transfer  melalui  bank baik antar bank maupun sesama bank.  Pada umumnya setelah  anda  melakukan transfer  uang ke penjual dan  megirimkan konfirmasi  pembayaran,  barulah  kemudian  barang  pesanan akan dikirimkan. Selain itu, anda juga bisa menerima pembayaran dengan kartu  kredit  maupun  PayPal.  PayPal  adalah  cara  mudah  untuk mengambil  pembayaran  online, proses pembuatan  account  PayPal juga  mudah,  tidak  memerlukan  pemeriksaan  kredit. Dan  jika  anda sudah matang untuk  menjalankan  bisnis  online,  ada    juga  perlu menggunakan sebuah cara  yang sangat praktis  yaitu  dengan  memilih  sarana  internet banking  atau  sms  banking.  Karena cara  ini  akan jauh  lebih  mudah  dan  murah untuk  bertransaksi dibandingkan  bila  anda  harus  pergi  ke  bank hanya untuk pembayaran dan transaksi lainnya.
Proses pengiriman
Pastikan  anda  benar-benar  menentukan  proses  pengiriman  barang dengan  tepat,  jika  anda  menjual  produk  fisik  yang  perlu  dikirimkan, maka  anda  juga  perlu  untuk  memperhitungkan  biaya  pengiriman dan  mengatur  order  pelacakan.Saat  anda  menjual  secara  online, maka  anda  dapat  menarik  pelanggan  dari  berbagai  macam  kota  di seluruh  Indonesia  bahkan  hinga  negara  lain.  Hal  ini  anda  perlu memutuskan bagaimana untuk menghitung biaya pengiriman untuk tujuan yang berbeda.
Pastikan bahwa konsumen anda bisa dengan mudah bisa melakukan pelacakan terhadap order atau pesanan  mereka  dan  mengamati  serta  melakukan perhitungan  biaya pengirimannya. dan untuk  hal ini akan lebih mudah biasanya jika menggunakan pihak ketiga atau jasa kurir, yang  memungkinkan untuk  melacak  order  pembelian  mereka, karena pembeli akan bisa elacak keberadaan posisi pesananya melalui no resi yang diberikan.  
Anda bisa melihat banyak website  yang  menawarkan gratis  biaya  pengiriman  untuk  minimum  jumlah pembelian atau order dengan harga tertentu. Ada juga yang menawarkan pengiriman  dengan  operator yang berbeda, seperti misalnya melalui pos biasa atau jasa kurir. Anda perlu mempertimbangkan  hal-hal  seperti  ini  ketika  merencanakan  bisnis online.
Nah itulah ulasan yang bisa saya sampaikan dalam artiekel ini, semoga bisa membantu dan semoba bisa bermanfaat, terimakasih telah membaca di blog ini
Baca Juga :   Cara Membangun Bisnis Plan Khusus Bagi Pemula

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *