Home / bisnis / Mengenal model model bisnis online bagi pemula

Mengenal model model bisnis online bagi pemula

Mengenal Model Binsis Online
Mengenal Model Binsis Online
Setiap saat selalu hadir model/cara baru menghasilkan uang di internet. Hal ini bisa berarti baik juga berarti buruk. Satu sisi memberikan peluang besar bagi siapa saja untuk menemukan dan memiliki cara berpenghasilan dan menjadikannya cara menuju keberhasilan dalam segi finansial, disisi lain seorang pemula akan kebingungan karena disodori sangat banyak peluang sehingga bingung mana yang akan dipilih dan dikerjakan. 
Hal ini bisa terjadi dalam dunia bisnis di internet. Anda akan menemukan beragam model/cara yang bisa menghasilkan. Apalagi setiap model tersebut memberikan peluang penghasilan yang bersaing bahkan menjanjikan puluhan juta. Anda pasti ingin mencobanya, tapi tentunya keterbatasan waktu dan sumber daya akan memaksa Anda memilih salah satunya. 
Dengan melihat beberapa model populer yang ada, dan melihat kekuatan dan kelemahan diri Anda, serta mengetahui apa saja yang dilakukan dalam model bisnis ini Anda bisa dengan mudah memfilter, menentukan dan menemukan model/cara bisnis online yang terbaik untuk Anda sejak awal, sehingga tidak membuang waktu untuk mencoba model bisnis yang tidak cocok dengan Anda. 
Anda dapat memilih bisnis apa saja yang Anda sukai dan dianggap paling baik  serta sesuai dengan bakat Anda, disitulah Anda akan berhasil. Untuk dapat memilih model bisnis yang terbaik untuk diri Anda, salah satu caranya adalah mengetahui pilihan model bisnis apa saja yang ada di internet.  
Mari kita mulai

Kategori Bisnis Online 

Dari melihat dan mempelajari puluhan model bisnis di internet, akhirnya ada sebuah pola yang dapat membagi setiap model bisnis menjadi lima kategori besar. Jadi setiap ada model bisnis yang baru Anda bisa mengklasifikasikannya dan mudah menemukan aspek bisnisnya.
Baca Juga :   Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Bagi Seorang Pemula

1. Sell Your Own Product

Model bisnis menjual produk Anda sendiri, atau pun produk orang lain yang Anda stok, sehingga Anda sendiri yang mengatur distribusi produk tersebut. Ini adalah kategori yang paling populer dilakukan di internet saat ini.  Produknya bisa berupa produk fisik / tangible seperti baju, alat kesehatan, makanan atau bentuk nonfisik / intangible seperti ringtone, mp3, ebook, membership/keanggotaan dan lainnya. 

2. Sell Your Own Service

Menjual service/jasa Anda. Ini adalah model yang sedang berkembang saat ini. Umumnya produk yang Anda jual adalah skill/keahlian/keterampilan yang Anda miliki. Dan yang membayar Anda adalah orang yang membutuhkan jasa Anda.  Sebagai contoh: jasa pembuatan website, jasa pembuatan ebook, jasa pengetikan, jasa penterjemah, jasa programmer, jasa virtual assistant, jasa SEO dan jasa pengelolaan PCC. Semua transaksi jasa yang Anda baca tadi sama sekali tidak memerlukan tatap muka langsung antara penyedia jasa dengan orang yang memerlukan jasa tersebut. 

3. Affiliate Marketing. 

Menjual atau mereferensikan produk orang lain tanpa harus memiliki produknya sendiri, alias bisa milik orang lain. Pembayaran digunakan sistem komisi dari setiap produk yang terjual dari referensinya. Ada beberapa macam bentuk komisi bisnis affiliate marketing.  Komisi penjualan atau Pay Per Sale, komisi lead/prospek atau Pay Per Lead dan untuk setiap klik yang dilakukan atau Pay Per Click. MLM / Multilevel Marketing yang dilakukan secara online juga termasuk affiliate marketing yaitu menjual atau mempromosikan produk orang lain. Dan model jenis ini paling ideal bagi pebisnis online pemula.

4. Contextual Advertising. 

Model bisnis dimana Anda membuat dan memiliki sebuah website dengan content/informasi yang menarik sehingga dikunjungi banyak orang sedangkan penghasilan Anda diperoleh dari iklan/advertising berupa iklan teks, banner, atau video yang sesuai dengan content/informasi website tersebut. 

5. Site Flipping. 

Model bisnis yang bertujuan jual beli website. Website seperti aset sehingga seperti rumah, memiliki nilai jual yang tinggi. Model ini kini mulai disukai, beberapa orang sengaja membuat website untuk dijual. Bahkan ada yang berani membeli website yang masih rendah untuk kemudian dioptimasi kemudian dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi. Dengan cara ini Anda tidak perlu membuat website dari awal. 
Sebenarnya ada satu jenis model yaitu HYIP (High Yield Investement Program) yang pernah populer, namun sebaiknya tidak terlalu jauh mempelajarinya karena sebagian besar tergolong scam/penipuan, meskipun benar model ini lebih pada program investasi daripada bisnis di internet dan cara pengelolaannya berbeda dengan bisnis online. 
Lima kategori tersebut dapat mewakili 95% model bisnis yang ada di internet dan bisa Anda maksimalkan untuk menghasilkan uang secara online. Sekarang siapkan konsentrasi Anda, karena akan dijelaskan lebih lengkap tiap kategorinya, Baca Selengkapnya Disini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *