Home / bisnis-online / Persiapan untuk memulai bisnis online yang wajib anda ketahui

Persiapan untuk memulai bisnis online yang wajib anda ketahui

Persiapan untuk memulai bisnis online yang wajib anda ketahui
Persiapan untuk memulai bisnis online yang wajib anda ketahui

Analisa Usaha Bisnis Online

Mengapa Analisa Usaha Bisnis Online penting? 

  1. Banyak sekali pemula bisnis online tidak bersemangat menjalankan bisnis online karena merasa tidak pernah mengeluarkan biaya, apalagi sekarang banyak sekali bisnis yang ditawarkan tanpa modal, akibatnya kinerja menjalankan bisnis menjadi tidak maksimal.
  2. Banyak pula pebisnis online yang berhenti ditengah jalan karena tidak memiliki gambaran hasil yang bisa diperolehnya saat menjalankan bisnis online. Sehingga kinerjanya pun setiap hari semakin menurun akibatnya bisnisnya benar-benar gagal. 

Kondisi seperti ini bisa diatasi jika Anda melakukan Analisa Usaha Bisnis Online sejak dini. Saat Anda baru memulai Anda harus sudah tahu berapa penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis yang Anda jalankan.  Ketahuilah, saat Anda memulai berbisnis online Anda sebenarnya telah melakukan investasi bisnis yang besar. Dengan Analisa usaha
Anda juga bisa memprediksi berapa hasil yang bisa diperoleh setiap bulannya.  Ini akan memberikan Anda semangat untuk giat bekerja membangun bisnis Anda, karena tahu berapa minimal penghasilan yang harus Anda hasilkan setiap bulannya. Sebagai contoh, saya berikan sebuah analisa usaha bisnis dari jualan E-book dan Iklan PPC dari sebuah blog bisnis yang saya kelola. Semoga memberikan gambaran bahwa Bisnis Online itu benar-benar bisa menghasilkan jika dikelola dengan baik
Dengan melakukan analisa usaha bisnis online seperti ini, akan memberikan semangat pada Anda untuk bersungguh-sungguh menjalankan bisnis online. Karena, Anda sudah berinvestasi yang cukup besar saat Anda memulai bisnis ini, meskipun Anda mungkin sudah memilikinya sebelum menjalankan bisnis ini, tapi perhitungkan biaya akomodasi Anda, itu juga investasi, sayangkan jika bisnis onlie Anda berhenti dan gagal ditengah jalan. 
Dengan melakukan analisa usaha, Anda juga akan bisa melihat hasil minimal yang bisa diperoleh setiap bulannya, ini akan
memberikan Anda dorongan untuk mencapai target penghasilan yang telah dihitung. 

Menentukan Model Bisnis Online 

Bisa memiliki sebuah bisnis internet yang sesuai dengan passion, minat, bakah, hobby, skill dan pengeahuan yang Anda miliki tentu akan lebih menyenangkan karena Anda bisa bekerja sepenuh hati dan nyaman mengerjakannya. Inilah salah satu kunci sukses berbisnis internet. 
Dari model bisnis internet yang telah Anda ketahui, pelajarilah dengan lebih serius, sehingga Anda bisa melihat peluang yang bisa Anda masuki dan bisa Anda maksimalkan. Yang terbaik untuk orang lain belum tentu menjadi yang terbaik buat Anda.  Ada orang yang senang berjualan barang sehingga cocok membuka sebuah toko online, namun ada yang senang menulis, sehingga toko online mungkin kurang tepat, jika Anda merupakan orang seperti ini maka Anda bisa mengambil model bisnis penulisan ebook atau jadi freelancer dibidang penulisan content, atau menjadi jadi blogger professional. 
Jika Anda suka membuat produk mungkin affiliate marketing kurang menarik, tetapi jika Anda mencari kemudahan, tidak suka mengurus produksi atau costumer service maka affiliate marketing bisa jadi pilihan.  Intinya dalam berbisnis internet, carilah model bisnis yang benar-benar sangat ingin Anda kerjakan, sehingga tumbuh keseriusan menjalankannya, tanpa adanya keseriusan, Anda akan sulit untuk sukses dalam berbisnis.

Ada 3 cara Anda menekuni bisnis internet: 

1. Menjadi Product Owner.

Jika termasuk orang yang kreatif, bisa membuat produk, menjadi pemiliki produk sekaligus menjualnya. 

2. Menjadi Marketing.

Jika Anda kurang pandai membuat produk tetapi memiliki kemampuan baik dalan negosiasi, ahli menjual dan pandai berpromosi Anda bisa menjadi tenaga promosi untuk produk orang lain secara online. Affiliate Marketing adalah pilihan terbaik. Dengan affiliate marketing meskipun hanya mempromosikan produk orang lain Anda tetap memiliki sebuah bisnis sendiri yang bisa menghasilkan.

3. Publisher. 

Jika Anda tidak bisa membuat produk sendiri, kurang mahir dalam pemasaran, Anda bisa memulai bisnis sebagai publisher. Anda bisa membuat tempat / jasa untuk memasarkan produk para merchant, tempat promosi para affiliate. Namun, Anda harus mau juga mempromosikan bisnis jasa Anda agar… meskipun bekerja sebagai publisher, Anda tetap bisa menghasilkan uang tanpa tergantung pada produk orang lain 
Keberhasilan Berbisnis Online juga ditentukan seberapa besar minat Anda terhadap bisnis yang Anda jalankan. Inilah yang terpenting. Bekerjalah dengan model bisnis dan bidang yang benar-benar sangat ingin Anda kerjakan, sehingga tumbuh keseriusan menjalankannya, tanpa adanya keseriusan, Anda akan sulit untuk sukses dalam berbisnis. 
Jalan menuju sukses bukanlah untung-untungan. Dari perspektif strategis, Anda harus memiliki semacam digital roadmap dimana setiap aspek keberhasilan berbisnis sangat diperhatikan sungguh-sungguh, tidak lupa mencantumkan tujuan, menguraikan langkahlangkah yang diperlukan dan juga mengartikulasikan pengukuran keberhasilan Anda.
Keberhasilan Bisnis Online juga ditentukan oleh seberapa besar ide bisnis yang Anda minati memiliki potensi untuk menghasilkan.
Agar bisnis yang Anda kerjakan tidak menjadi sebuah pekerjaan yang sia-sia maka Anda harus: 

1. Mengerjakan bisnis yang potensial. 

Semua memang bisa dijadikan bisnis, namun mengerjakan bisnis yang memang potensial akan memberikan Anda hasil yang diinginkan.

2. Memiliki niche atau segmentasi pasar yang tepat. 

Segmentasi pasar yang tepat akan menentukan sasaran pasar Anda sehingga bisnis Anda memang untuk orang yang tepat. 
Mengerjakan bisnis yang memang diperlukan dan ada peminatnya akan memberikan potensi penghasilan yang diinginkan. Setelah Anda menemukan model dan peluang bisnis internet apa yang cocok dan bisa dimaksimalkan hasilnya, maka Anda harus segera menyusun sebuah strategi memulainya. 

Niche Bisnis Online 

Bisnis terbaik dan paling sukses didasarkan pada keinginan untuk membuat perbedaan, untuk memperbaiki apa yang ditawarkan. Richard Branson adalah contoh yang bagus dari hal ini. Dia tidak puas dengan pelayanan maskapai penerbangan dan sebagainya Akhirnya memutuskan untuk memulai sendiri, membangun, memperbaiki dan meningkatkan pelayanan maskapai berdasarkan ketidakpuasannya.  Sekarang mari kita beralih ke hal unik apa yang Anda  tawarkan? Keterampilan atau pengalaman yang Anda miliki itu, apakah benarbenar akan membantu orang lain? Apakah dapat mengatasi tantangan dan mencapaitujuan yang mereka inginkan?Siapa yang paling cocok Anda bantu?
Sering kali Anda menemukan bahwa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membawa Anda ke sekelompok orang yang memiliki masalah serupa. Ini sempurna untuk bisnis, Anda otomatis memiliki kredibilitas karena hal ini adalah sesuatu yang telah Anda alami dan Anda mampu mengatasinya atau setidaknya Anda tahu cara untuk mengatasinya. Juga akan berarti mereka adalah pelanggan potensial Anda, klien ini akan merasakan ketertarikan dengan Anda. 
Dan ini berarti mereka akan lebih cenderung untuk mempercayai Anda dan akan membeli dari Anda.  Inilah yang dinamakan Niche Bisnis. Sebuah bagian dari strategi bisnis yang menentukan dimana bisnis Anda akan bergerak. Apa yang akan Anda tawarkan? Apa manfaat dari produk Anda? Siapa sasaran market /pasar dari bisnis Anda? 
Sangat penting bagi Anda untuk segera menemukan niche bisnis online yang ingin Anda kembangkan. Niche bisnis online atau ceruk pasar bisnis online adalah istilah yang digunakan dalam bisnis internet untuk menunjuk segmentasi sasaran/target pasar bisnis online Anda. 
Apapun model bisnis yang nantinya akan Anda kembangkan, peluang bisnis apa yang menurut Anda cocok, maka saatnya Anda menentukan target pasar Anda. Sebagai contoh jika bisnis internet Anda tertarik dengan bisnis wedding/pernikahan. Anda tahu begitu banyak uang yang bisa dibelanjakan dalam bisnis ini. Maka Anda bisa bagi-bagi (segmentasi) bagian yang ada lahan bisnisnya. 

Niche atau segmen pasarnya adalah: 

  1. Baju pengantin 
  2. Undangan pernikahan 
  3. Bingkisan kecil / gift bagi tamu 
  4. Dokumentasi pernikahan 
  5. Dekorasi 
  6. Jasa event organizer 
  7. Cincin kawin 

Akan sangat sulit bagi seseorang untuk memulai bisnis di industri pernikahan jika harus menyediakan seluruh keperluan  tadi. Umumnya mereka akan memilih niche/segmen yang bisa mereka kelola dengan baik, misalkan fokus dalam kartu undangan pernikahan.  Niche di bisnis internet  sangat  tidak terbatas, bahkan setiap hari bisa bermunculan niche-niche bisnis internet baru.

Namun bagi beberapa orang menentukan niche bisnis menjadi satu kendala yang menghambat mereka memulai bisnis.
Baca Juga :   Inilah 5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Hampir Tanpa Modal

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *