Souvenir Pernikahan Bisnis Yang Menguntungkan Ditahun 2020

Souvenir Pernikahan Bisnis Yang Menguntungkan

Souvenir pernikahan merupakan sebuah peluang usaha yang bisa Anda jalankan dengan modal yang sangat kecil, Sebelumnya kami juga telah menulis berbagai macam jenis peluang usaha yang lainnya dan bisa anda temukan di blog ini, setelah anda membaca artikel ini silahkan anda jalan-jalan di blog ini untuk menemukan jenis usaha yang cocok.

Peluang usaha souvenir pernikahan juga bisa Anda jalankan di rumah Sehingga anda tidak harus menyewa tempat untuk memulainya usaha ini. Seperti yang kita ketahui untuk menyewa sebuah tempat usaha itu memerlukan alokasi dana yang sangat besar, sehingga Jika Anda bisa melakukan atau meminimalisir biaya sewa tempat, tentu anda bisa menghemat modal usaha awal dan dialihkan menjadi modal.

Kerajinan souvenir di acara pernikahan tentu merupakan sebuah simbol sebagai tanda ucapan terima kasih dari keluarga mempelai atas kehadiran para tamu undangan. Sehingga sebuah souvenir dapat menjadikan sebuah kenangan yang mungkin tak terlupakan, baik bagi para tamu undangan maupun bagi kedua mempelai dan keluarganya. Karena pesta pernikahan bahan merupakan sebuah pesta yang hanya kita lakukan sekali dalam seumur hidup. Oleh sebab itu banyak sekali di antara kita yang rela mengeluarkan modal besar hanya untuk melangsungkan dan memeriahkan acara pernikahan.

Oleh sebab itu acara pernikahan melahirkan berbagai potensi dan beragam peluang usaha yang bisa kita lakukan, tentu saja menjual souvenir pernikahan merupakan satu diantara peluang usaha yang bisa kita jalankan. Meskipun kita tahu bahwa pesta pernikahan merupakan moment yang sangat langka Namun potensi dari pesta pernikahan ini terbilang sangat besar keuntungannya.

Karakteristik yang paling utama untuk menjalankan usaha souvenir pernikahan yaitu kreativitas, karena bagi Seorang pebisnis tentu saja kreativitas menjadi salah satu ide yang sangat berharga, untuk bisa menjalankan usaha souvenir pernikahan Tentu saja Anda harus memiliki ide sekreatif mungkin, anda bisa mencari ide dari berbagai sumber bisa dari internet maupun dari buku. Banyak sekali buku mengenai kerajinan tangan dan souvenir yang tentu saja bisa anda Praktekkan. Di internet sebetulnya banyak sekali contoh-contoh jenis souvenir yang bisa anda jadikan sebagai bisnis dalam acara pernikahan.

Artikel Terkait :   Mengubah Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

souvenir pernikahan

Ada 2 jenis peluang usaha souvenir pernikahan yang bisa Anda jalankan

Sebagai produsen

Jika anda menjadi seorang produsen souvenir Tentu saja Anda harus mampu membuat produk souvenir sendiri, Anda bisa menghasilkan berbagai produk souvenir yang bisa anda jual untuk acara pernikahan, biasanya hanya menghasilkan 1 jenis souvenir, dan sebagai seorang produsen tentu anda harus bisa menentukan harga jual, Anda harus bisa menghitung harga pokok penjualan terlebih dahulu agar anda bisa menentukan harga yang pas untuk jenis souvenir yang telah anda buat.

Sebagai seorang pedagang

Anda bisa mengumpulkan berbagai jenis souvenir pernikahan yang telah anda beli dari berbagai supplier atau produsen. Sehingga anda bisa menampung lebih banyak jenis souvenir yang bisa anda jual. Sebagai seorang pedagang, Anda bisa menentukan harga jual langsung, dan tentu anda mengambil keuntungan dari harga harga yang Anda beli dari produsen atau supplier.

Kedua jenis peluang usaha souvenir pernikahan tentu bisa Anda jalankan di rumah dengan modal yang kecil, untuk mempermudah Anda menjalani usaha ini saya akan membahas peluang usaha yang tertulis pada poin 2 yaitu sebagai pedagang.

Memulai peluang usaha souvenir pernikahan

Mencari supplier

Agar anda bisa memulai usaha ini tentu anda harus mencari beberapa supplier souvenir, Anda harus bisa menemukan beberapa supplier atau produsen dan pengrajin souvenir untuk acara pernikahan, Anda bisa menjalin kerjasama dengan mereka. Sehingga pekerjaan Anda akan lebih mudah karena anda tidak perlu membuat produk sendiri, dengan begitu anda tidak perlu membeli dalam jumlah yang sangat banyak. Namun anda hanya membutuhkan beberapa produk sebagai sampel. Dan ini sebetulnya adalah salah satu trik agar anda tetap dapat menjalani usaha ini tanpa membutuhkan modal yang besar.

Biasanya para pengrajin akan selalu terbuka dengan sistem kerjasama yang kita tawarkan, bahkan banyak sekali pengrajin yang memberikan kita foto produk souvenir yang siap pakai,

Buatlah bisnis plan

Apapun itu jenis bisnisnya, entah itu bisnis online maupun bisnis offline, tetap saja bisnis plan merupakan suatu yang sangat dan sudah menjadi keharusan. Bisnis Anda harus dikelola dengan baik agar bisa tumbuh dan berkembang pesat, pastikan anda tidak melakukan kesalahan dalam mengelola bisnis yang Anda jalankan.

Siapkan modal awal

Seperti yang sudah saya katakan bahwa untuk memulai usaha souvenir pernikahan itu tidak memerlukan modal yang sangat besar, Anda bisa melakukannya dengan modal yang kecil. Dan kebutuhan awal anda untuk menjalankan usaha ini Tentu saja Anda harus belanja paket sampel produk yang akan Anda jual, dan anda sudah bisa memasarkan usaha souvenir ini, baik itu di media online buku memasarkan secara langsung (offline)

Artikel Terkait :   Peluang bisnis online paling menguntungkan tanpa modal ditahun 2020

Jika anda ingin membesarkan usaha souvenir anda tentu anda membutuhkan berbagai media iklan atau promosi, diantaranya adalah wajib Jika anda ingin menjadikan ini sebagai bisnis online, atau Jika anda ingin menjalankannya secara offline Anda juga bisa melakukan berbagai cara untuk promosi agar usaha anda bisa berjalan lancar dan banyak diketahui oleh orang.

Memiliki strategi untuk promosi

Agar bisnis Anda berjalan lancar tentu anda harus bisa menyusun strategi marketing online yang baik dan benar, seperti yang sudah saya katakan Jika anda ingin menjalankan usaha ini menjadi bisnis online tentu anda harus membutuhkan sebuah website, atau Anda juga bisa melakukan promosi di berbagai media sosial misalnya seperti Facebook, Instagram, dan tentu saja Anda juga harus mencoba berbisnis melalui marketplace, misalnya seperti Tokopedia, Bukalapak, shopee dan Lazada.

Tips menjalankan usaha souvenir pernikahan agar sukses

Usahakan produk Anda unik dan beragam.

Untuk menarik perhatian pelanggan Anda harus bisa menemukan berbagai produk souvenir yang unik dan beragam, karena banyak sekali calon pengantin biasanya menginginkan souvenir yang unik agar lebih berkesan di hari pernikahan mereka. Selain produknya yang unik produk yang Anda tawarkan juga harus berbagai macam jenis dan ragamnya, karena sudah pasti setiap orang yang memiliki keinginan dan selera yang berbeda, makin banyak ragam produk souvenir yang anda siapkan kan maka akan memberikan banyak pilihan kepada calon konsumen anda, sehingga ini bisa memperbesar kemungkinan terjadinya transaksi penjualan

Tentukan pangsa pasar

Salah satu aspek yang paling penting dari pangsa pasar adalah High Class dan Low Class, karena kedua target pasar ini tidak akan bisa dicampur, Jadi anda harus bisa memilih kelas atas atau kelas bawah, biasanya untuk souvenir kelas atas memiliki harga yang mahal dan kualitas yang bagus namun besar kemungkinan penjualannya akan sedikit lambat. Namun untuk souvenir yang disediakan kelas bawah tentu memiliki harga yang relatif murah, sehingga perputaran penjualannya mungkin relatif cepat. Sehingga Anda bisa menghasilkan keuntungan yang cepat juga.

Respon pelanggan anda dengan cepat

Salah satu tips yang bisa anda lakukan untuk berbisnis Agar calon pelanggan Anda nyaman, anda harus merespon pelanggan anda dengan cepat (Fast Respon) sehingga pelanggan anda akan lebih nyaman melakukan transaksi dengan anda, usahakan juga Anda harus besar bercakap-cakap dengan baik, agar tidak menimbulkan salah paham yang kemungkinan besar bisa membuat pelanggan Anda kabur atau tidak jadi membeli souvenir yang anda tawarkan.

Artikel Terkait :   Panduang lengkap cara mendapatkan uang dari internet

Sistem keagenan atau reseller,

Ini adalah salah satu sistem bisnis yang modern Sehingga anda tidak perlu melakukan banyak promosi, karena anda memiliki reseller yang tugasnya mempromosikan produk Anda dengan sistem bagi hasil sesuai yang telah disepakati. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha anda dengan sistem reseller atau keagenan, agar bisa membuat usaha souvenir pernikahan yang Anda jalankan bisa berkembang pesat,

Jika anda sudah siap untuk memulai usaha souvenir pernikahan, langkah selanjutnya adalah menganalisa modal awal yang harus anda siapkan, dan dibawah ini sudah kami lakukan analisa khusus bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis souvenir

Modal awal yang dibutuhkan

Membeli sampel souvenir minimal Rp1.000.000
Untuk menjalankan bisnis souvenir sebagai bisnis online dibutuhkan sebuah website, besar kemungkinan harga pembuatan jasa website Rp1.500.000,
Biaya lainnya sebesar Rp1.000.000

Biaya operasional

Untuk melakukan bisnis souvenir secara online membutuhkan paket internet berkisar Rp350.000
Biaya listrik Rp150.000
Belanja lainnya Rp10.000.000
Lain-lainnya Rp500.000

Perhitungan omset atau pendapatan yang anda hasilkan
Anggap saja anda berhasil menjual 5000 produk dengan harga Rp3.000 sedangkan harga yang diambil dari supplier yaitu sebesar Rp2.000

= 5000 * 3000 = 15 juta rupiah

Sedangkan laba bersih atau keuntungan

= Omset – biaya operasional
= 15000000 – Rp11.000.000
= Rp4.000.000

Menurut saya usaha yang dijalankan di rumah dengan modal yang kecil, dan bisa menghasilkan laba bersih sebesar Rp4.000.000 sudah sangat terbilang memuaskan dan bagus. Karena dalam satu bulan menjalankan usaha souvenir sudah bisa mengembalikan modal. Belum lagi Anda memiliki penghasilan yang lain, dan nanti anda bisa mengembangkan usaha ini demi menambah produk-produk yang berkaitan dengan pesta pernikahan misalnya rias, sound system, atau desain percetakan undangan pernikahan. Dan itu bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda sendiri

Sedikit artikel telah saya bahas mengenai bisnis souvenir pernikahan, dan mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, serta mudah-mudahan ini semua bisa menambah pengetahuan anda untuk memulai usaha rumahan dengan modal yang sangat minim. Jangan lupa untuk berlangganan artikel kami dengan cara mengisikan email atau nomor WhatsApp di kolom langganan yang saya sediakan di sidebar blog ini. Agar jika ada artikel baru adalah yang pertama membacanya yang mengetahui peluang peluang usaha yang akan saya bahas di lain waktu.

Terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel ini,
Sampai jumpa, Salam sukses untuk kita semua

Beri Komentar