Home / affiliasi / Tips bisnis affiliasi marketing untuk hasil yang menggiurkan

Tips bisnis affiliasi marketing untuk hasil yang menggiurkan

Tips bisnis affiliasi marketing untuk hasil yang menggiurkan
Tips bisnis affiliasi marketing untuk hasil yang menggiurkan

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah konsep bisnis dimana Anda menjual produk atau jasa orang lain dengan kompensasi sebuah komisi. Dalam dunia nyata, seorang affiliate (orang yang mengerjakan affiliate marketing) bertindak seperti makelar, sponsor atau promotor.
Affiliate Marketing adalah sebuah bisnis yang menarik bagi banyak orang, karena bisa menghasilkan income/penghasilan yang besar tanpa harus bersusah payah membuat produk, mengurus pengiriman, refund, administrasi, manajemen, dan hal-hal detil lainnya.
Fokus Anda sebagai seorang affiliate adalah mengirim banyak visitor/pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant (pemilik situs affiliate, bisa juga disebut affiliate master).Seorang affiliate hanya mendatangkan pengunjung pada situs affiliate yang di ikuti. Semua follow-up dan order diurus oleh merchant, sebagai affiliate hanya menunggu komisi, enak bukan?
Konsepnya sederhana, untuk sukses dalam bisnis affiliate belajar keras dan bekerja keras untuk mempromosikan situs merchant serajin mungkin, sehingga tercipta banyak pengunjung dan peluang penjualan yang semakin besar. Di awal memulai, kerja ekstra keras sangat dibutuhkan, karena Anda akan membangun pasar, namun itu akan terbayar dengan komisi yang akan Anda hasilkan.
Affiliate Marketing menjadi salah satu industri bisnis internet terbesar saat ini. Banyak bahkan hampir seluruh bisnis internet memberikan kesempatan untuk menjadi seorang affiliate dan menghasilkan peluang penghasilan tidak terbatas.
Peluang penghasilan yang tidak terbatas tetapi waktu Anda terbatas, maka strategi terbaik jika Anda ingin serius menekuni bidang affiliate marketing adalah memiliki produk yang sangat ingin Anda promosikan saja.
Maksudnya agar Anda fokus dan bisa lebih cepat mendapatkan hasilnya. Fokus pada satu bidang bisnis dan berhasil lebih baik dari pada mengerjakan banyak bidang bisnis internet tapi tidak ada yang berhasil. Para super affiliate (sebutan buat para top affiliate) adalah fokus pada satu produk yang menghasilkan. 

Jenis Kompensasi Pada Bisnis Affiliate Marketing.

  1. Pay Per Sale (PPS).
    PPS mewakili hampir 80% industri affiliate marketing. Merchant akan memberikan kompensasi berupa komisi pada seorang affiliate yang berhasil menciptakan sebuah penjualan melalui promosi yang dilakukan. Besar kompensasi ditentukan oleh merchant, ada yang berupa prosentase atau nominal yang sudah ditentukan jumlahnya.
    Contoh program affiliate yang memberikan kompensasi komisi berupa prosentase adalah PerfectMatch.com yang memberikan komisi 40% dari nilai transaksi. Jika merchant memiliki banyak produk maka sistem prosentase biasanya lebih menarik, karena pasti hasilnya akan lebih besar bagi seorang affiliate.
    Beberapa program affiliate memberikan komisi sampai 75%. Dengan cara ini Anda sebagai affiliate memiliki kesempatan mendapatkan penghasilan yang diinginkan.
    Contoh program affiliate yang memberikan kompensasi komisi yang sudah ditentukan nilainya adala Forbes.com yang memberikan komisi fix $11 usd dari setiap pengunjung yang mensubscribe/langganan majalah Forbes.
  2. PPL (Pay Per Lead) atau Cost Per Action (CPA).
    Model ini mewakili 18% industri affiliate marketing. Merchant akan membayarkan kompensasi komisi pada affiliate jika berhasil mengajak pengunjung untuk bergabung pada suatu program merchant, atau mau mengisikan datanya.
    Industri yang biasa menggunakan model afiliasi PPL atau CPA adalah industri asuransi,  kartu kredit, industri real estate, industri kredit rumah, dan lainnya. Contohnya perusahaan Discover (penerbit kartu kredit) memberikan komisi $40 usd pada affiliate yang berhasil mengajak pengunjung untuk menggunakan kartu Discover hanya dengan mengisikan data yang valid, dan jika berhasil di approve maka seorang affiliate berhak mendapat komisi $40 usd tersebut.
    Contoh lain adalah perusahaan survey minuman yang bersedia membayar $0.5 usd sampai $1 usd untuk setiap email prospek.
    Pengunjung hanya harus mengisikan email yang valid dan seorang affiliate akan mendapat komisi $1 usd. Mudah bukan?
  3. Pay Per Click (PPC).
    Model bisnis affiliate ini memberikan kompensasi ke setiap affiliate untuk setiap klik dari website affiliate ke website merchant. Jadi merchant membayar affiliate dari setiap pengunjung yang dikirimkan affiliate. Namun, karena banyaknya penipuan yang dilakukan affiliate maka model ini menjadi kurang diminati oleh para merchant. Jadi jika Anda menekuni bisnis PPC jangan sekali-kali mengklik iklan yang ada di website atau blog milik Anda sendiri. Jika Anda serius pada model ini dengan memiliki sebuah situs web atau blog yang ramai pengunjungnya bisa ciptakan penghasilan yang cukup besar.

Strategi Bisnis Affiliate Marketing 

Meskipun kerja seorang affiliate hanya mempromosikan sebuah produk atau website merchant, namun tanpa sebauh strategi yang jitu, efektif dan efisien maka usaha seorang affiliate akan menjadi sedikit sulit. Untuk itu seorang affiliate harus pandai dalam berstrategi.
Ada banyak strategi yang bisa dilakukan. 
  1. Membuat Produk Review. 
    Ini adalah salah satu cara mempromosikan website merchant melalui sebuah artikel atau tulisan yang Anda ciptakan sendiri sebagai review produk. Cara ini sangat populer dan banyak dilakukan karena dirasa efektif untuk mencitakan pengunjung, karena seorang pengunjung tidak menyadari dirinya diprospek untuk melihat produk merchant.Selain melalui artikel juga dapat dilakukan dengan sistem perbandingan atau comparison chart dari jenis produk yang serupa, contohnya toptenhosting.com 
  2. Membuat Directory Website.  
    Salah satu cara strategi affiliate adalah dengan membuat directory merchant disuatu topik tertentu. 

    Tips : Anda dapat melihat cara produk review yang dilakukan oleh para affiliate diberbagai industri. Carilah di Google, misal web hosting review . Perhatikan cara mereka melakukan review terhadap sebuah produk, pelajari dengan baik cara mereka melakukannya. Cari berbagai directory yang Anda inginkan. Misalkan industri penurunan berat badan. Cari di Google, misalnya weight loss directory lalu lihat dan perhatikan bagaimana directory yang ada. Umumnya directory ini dibuat oleh para affiliate marketer. 

  3. Membuat Coupon Website.
    Salah satu cara mendatangkan pengunjung/visitor adalah dengan membuat atau meyediakan kode kupon untuk merchant. Banyak merchant di Amerika, Canada, dan UK secara rutin mengeluarkan kupon diskon yang disebar untuk para pelanggan. Dengan cara ini akan banyak para pengunjung yang membeli produk melalui affiliate link Anda.
  1. Tips : Untuk mencari coupon site, Anda cukup cari di Google, misalkan Anda mencari kupon produk kecantikan, coba ketik skin care product coupon lalu lihat dan perhatikan website yang menyediakan kupon. Beberapa kupon ini dibuat oleh para affiliate marketer. 

Skema Kerja Bisnis Affiliate 

Seorang affiliate mempromosikan sebuah atau beberapa produk (promotion). Jika terjadi penjualan penuh (sales), maka pemilik produk / merchant akan memberikan komisi sesuai tingkat penjualannya (commissions).  Cara ini bisa diterapkan juga pada bisnis Anda nanti. Seorang Affiliate bisa menjadi tenaga promosi yang efektif tanpa Anda harus memikirkan bagaimana Anda menggaji karyawan. Penghasilan mereka berasal dan ditentukan dari komisi penjualan yang bisa dilakukan. 
Contextual Advertising 
Jika Anda memiliki website dengan content / isi yang menarik untuk suatu target pasar tertentu dan dikunjungi banyak visitor, maka Anda dapat memiliki penghasilan dengan menyediakan layanan iklan diwebsite Anda.  
Contextual advertising adalah iklan yang ditampilkan akan relevan dengan content / isi dari website Anda. Jika website Anda tentang bola maka contextual advertising yang muncul adalah tentang dunia bola. Seperti menampilkan hasil pertandingan bola, merchandise dari klub sepakbola, perlengkapan permainan bola dan lainnya. Saat seseorang meng klik iklan tersebut di website Anda, ada benefit keuntungan yang Anda terima.
Jadi untuk membangun bisnis internet berbasis contextual advertising, Anda harus memiliki sebuah website yang memiliki content/isi menarik sehingga dapat mengundang banyak pengunjung. Blog adalah media terbaik untuk menjalankan bisnis contextual advertising karena sifat isinya yang dinamis/sering diupdate. 
Jika iklan text dari Google yang ada di website Anda klik maka biaya iklan akan muncul dan dibebankan pada pemasang iklan. Ada dua tipe menampilkan sebuah contextual advertising. Pertama sebagai advertiser atau pemasang iklan dan yang kedua publisher atau yang menyediakan tempat untuk menampilkan iklan. 
Sebagai contoh adalah situs review tentang iPhone, AppleiPhoneReview.com perhatikan iklan contextual advertising muncul dengan content yang relevan dengan isi situs. Perhatikan gambar berikut. Yang Anda lihat dalam kotak merah adalah contoh contextual advertising, yang kanan bertipe image advertising dan yang kiri bertipe text advertising. 
Jika Anda bertindak sebagai publisher maka website milik Anda akan menampilkan iklan-iklan dari layanan contextual advertising, jika ada yang melakukan klik maka Anda akan mendapatkan komisi. Ingat! Anda jangan klik iklan yang ada di website atau blog miliki Anda sendiri karena bisa di banned oleh penyedia layanan iklan.  
Jika sebagai advertiser, setiap iklan yang di klik Anda harus membayar biaya iklan tersebut. Selain Google Adsense ada juga situs lain yang memberikan layanan contextual advertising seperti BidClix, Clicksor, ContextCash, Kontera, dan masih banyak lagi.

Strategi Bisnis Contextual Advertising 

  1. Keyword Research. – Menentukan kata kunci yang akan digunakan dalam iklan produk Anda. 
  2. Creation Landing Page. – Membuat halaman website agar pengunjung mudah menemukan iklan produk Anda.
  3. Banner Advertising. – Menggunakan iklan tipe banner yang berisi gambar agar lebih menarik.
  4. Video Advertising. – Menggunakan iklan tipe video agar pengunjung lebih mudah memahami produk Anda. Biasanya menggunakan jasa Youtube.

Untuk sukses itu sederhana, Anda tahu apa yang orang lain tidak tahu dan
mau mengerjakan hal yang diabaikan orang lain
Baca Juga :   Facebook Ad Breaks, Cara menghasilkan uang dengan facebook

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *