Home / medsos / Tips Jitu Jualan di Instagram, 10 Tips Bagi Pemula

Tips Jitu Jualan di Instagram, 10 Tips Bagi Pemula

Internet saat ini telah menjadi kebutuhan utama setiap orang dalam aktivitasnya. Selain menjelajah, mencari informasi, menonton youtube, bersenang-senang melalui media sosial, mengobrol dengan teman lama dan baru, Internet juga dapat digunakan sebagai lahan untuk menghasilkan pendapatan.

Tips Jitu Jualan

Cara untuk mendapatkan penghasilan di internet juga bervariasi. Ada yang menjadi youtuber dengan membuat konten yang beragam dan menarik. Beberapa orang juga menjadi blogger dengan mengandalkan keterampilan menulis untuk mendapatkan uang dari internet.

Selain itu, ia juga bisa menjadi wirausahawan yang memanfaatkan peluang bisnis seperti memiliki toko online. Baik melalui situs web, akun media sosial, atau pasar yang populer di dunia maya.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk berjualan selain Facebook, yaitu berjualan di Instagram.

Instagram seperti yang dikenal bersama adalah media sosial yang memfasilitasi penggunaannya untuk berbagi foto terbaik yang mereka miliki.

Baru-baru ini, Instagram telah mengalami perubahan signifikan, yaitu ketersediaan fitur instastory dan juga IG TV. Dengan fasilitas ini, tentu saja, lebih mudah bagi pemilik toko online untuk dapat mengoptimalkan penjualan mereka.

Menjual di dunia maya memang akan terasa berbeda. Pelaku bisnis, baik bisnis online maupun offline, membutuhkan strategi khusus agar produk yang dijual mencapai target pasar yang sesuai.

Jika Anda saat ini merintis bisnis melalui media sosial Instagram, kami akan menjelaskan berikut tentang 10 Tips untuk Menjual dengan Baik di Instagram Untuk Pemula. Dan ikuti terus ulasannya dibawah ini.!

Berikut ini adalah Langkah dan Cara Menjual di Instagram agar dapat menjual dengan baik

Buat Akun Instagram Khusus Untuk Penjualan Produk

Langkah pertama untuk bisa berjualan di Instagram, tentu saja, Anda harus menyiapkan akun penjualan khusus. Artinya, jangan menggunakan nama pribadi di akun. Fungsinya untuk akun yang dibuat lebih profesional dan tidak bercampur dengan bisnis pribadi Anda.

Untuk membuat penjualan akun khusus ini, Anda harus menggunakan nama akun yang berisi “kata kunci” yang biasa dicari oleh orang lain. Misalnya, jika Anda menjual buku bacaan untuk anak-anak maka akun yang ditulis adalah

@jualbukuanak_bdg atau @jual_bukuanak_bandung

Jika Anda menjual produk dalam jumlah banyak, Anda dapat menulis akun @ grosir_bukuanak_bdg. Ini berlaku untuk produk lain yang memang dirancang khusus untuk barang jual Anda.

Dengan menulis akun yang berisi kata kunci, maka kemungkinan besar akun Anda akan menjadi akun yang mudah ditemukan dalam pencarian.

Baca Juga :   Bisnis Kecil Yang Paling Menguntungkan

Jika Anda bingung menentukan kata kunci, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu melalui Google. Dengan mengetikkan kata kunci “menjual buku anak-anak”. Nama-nama yang muncul saat pencarian adalah apa yang dapat Anda gunakan sebagai akun penjualan Anda.

Mencari Follower Yang Banyak Dan Telah Ditargetkan

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah menemukan pengikut yang cocok dengan produk yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual buku bacaan. Maka pengikut target Anda adalah orang-orang yang tertarik pada buku itu.

Untuk menemukan orang yang tertarik dengan produk Anda, Anda dapat mencarinya di akun komunitas penulis, siswa, komunitas membaca, dan komunitas lain yang memang tertarik dengan dunia literasi.

Bagi Anda yang menjual makanan, Anda bisa mencarinya di akun yang terkait dengan dunia kuliner. Demikian pula, penjualan lainnya dapat disesuaikan dengan akun penjualan Anda.

Tujuannya adalah untuk menargetkan pengikut komunitas sehingga Anda tidak membuang waktu dan energi untuk pengikut yang tidak menyukai akun Anda.

Jika Anda ingin mengikuti, mereka juga memiliki strategi sendiri sehingga Instagram tidak memblokir akun Anda.

Karena itu, setiap jam Anda hanya bisa mengikuti 40 orang. Dan idealnya dalam sehari Anda bisa mengikuti 200 orang dibagi dalam lima kali. Jika lebih banyak tidak apa-apa, hanya saja Anda harus konsisten melakukannya.

Setelah akun yang diinginkan tercapai, anggaplah 100 ribu pengikut lebih baik jika akun Anda diprivatisasi. Ini untuk mengundang pengikut lain agar lebih penasaran dengan produk yang Anda jual.

Unggah foto produk yang dijual dengan informasi yang lengkap dan menarik

Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto produk yang Anda jual. Foto diunggah dengan jumlah awal hingga 30 foto.

Untuk mengunggah foto, Anda harus memperhatikan kejernihan gambar sehingga tidak menimbulkan persepsi berbeda. Selain jelas produk yang ditampilkan juga harus detail dan diterangi dari foto harus diatur.

Selain menghapus gambar, Anda harus dapat menampilkan teks tertulis yang berisi semua informasi tentang produk.

Karena itu, Anda dapat menggunakan kata-kata promosi yang menarik secara ringkas, ringkas, dan jelas. Selain kata-kata promosi sebagai cara untuk mempromosikan produk, tulis deskripsi produk, seperti:

  1. Judul buku:
  2. Penerbit:
  3. Penulis:
  4. Jumlah halaman:
  5. Berat buku:
  6. Harga:

Dan informasi lain yang berkaitan dengan produk. Uraian contoh di atas adalah untuk Anda yang menjual produk buku. Jika Anda menjual produk lain, maka deskripsi tertulis dapat disesuaikan.

Untuk mengunggah foto ke akun Instagram Anda, Anda harus melakukannya di jam media sosial paling terbuka. Yakni pukul 08.00-09.00, maka jam istirahat kerja 12.00-13.00, jam sebelum pulang kantor 16.00-17.00 dan jam sebelum istirahat 20.00-21.00.

Mengunggah foto pada jam-jam ini dapat meningkatkan penjualan karena ada banyak orang yang santai dan ingin menggunakan media sosial.

Gunakan Tagar Yang Sesuai Dengan Produk Yang Akan Anda Jual.

Gunakan tagar saat menjual di Instagram, Seperti diketahui bersama, Instagram sangat populer dengan nama hashtag. Tagar adalah kunci yang memudahkan seseorang untuk mencari atau terhubung dengan akun Anda.

Baca Juga :   Bisnis Anak Sekolahan Murah Menguntungkan

Jadi, ketika Anda telah mengunggah foto dan membuat deskripsi, jangan lupa untuk memberikan tagar yang sesuai. Penggunaan tagar ini dapat menggunakan aplikasi lain di play store, aplikasi tagar.

Cara kerjanya dengan memasukkan produk penjualan Anda. Misalnya, “Buku Anak-Anak”, aplikasi akan memberikan referensi tagar yang paling dicari dan ditulis oleh pengguna Instagram.

Dalam menggunakan hastag, jangan lupa untuk juga memberi nama produk Anda nama produk Anda. Semakin sering Anda menulis, semakin lama nama merek Anda akan muncul lebih sering di Instagram.

Unggah Testimonial Dari Hasil Penjualan Kepada Pelanggan Anda

Langkah selanjutnya adalah mengunggah testimonial dari pelanggan Anda. Ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap produk penjualan Anda.

Biasanya testimonial ini diperoleh dari komunikasi Anda melalui SMS, BBM, Whats’app, Inbox di Instagram dan sebagainya. Anda dapat melakukan screenshot dari testimonial dan mengunggahnya di Instagram.

Namun, ketika Anda ingin mengunggahnya, jangan lupa untuk menyamarkan nomro, nama atau percakapan lain yang tidak boleh ditampilkan. Ini untuk menjaga privasi pelanggan Anda.

Selain mengunggah testimonial, Anda juga dapat menampilkan tanda terima pengiriman atau ketika barang sudah dikemas dan ingin dikirim.

Metode ini juga dapat mengundang kepercayaan dari calon pelanggan. Bisa jadi setelah itu banyak orang ingin membeli produk Anda.

Menggunakan Akun Bisnis Yang Khusus, Seperti Yang Dijelaskan Pada Poin Satu Diatas

Cara selanjutnya untuk bisa menjual dengan baik di Instagram bisa dengan menggunakan akun Instagram bisnis. Dengan menggunakan akun ini, calon pelanggan akan merasa percaya diri dan percaya bahwa akun yang Anda kelola adalah akun profesional.

Keuntungan menggunakan akun ini adalah bahwa setiap hari Anda dapat melihat orang-orang yang mengunjungi akun Anda. Jadi Anda bisa menganalisis seberapa besar minat konsumen terhadap produk yang Anda jual.

Biasanya nomor tersebut akan muncul di atas profil Anda. Jika pengikut Anda sebanyak 5.000 dan yang melihat kunjungan ke akun Anda 500 orang atau 10 persen dari pengikut Anda, maka akun itu dapat disebut akun yang baik dan efektif.

Untuk membuat akun ini cukup mudah, Anda dapat langsung menuju ke menu pengaturan kemudian turun dan Anda akan menemukan “akun bisnis”. Setelah itu, cukup ikuti instruksi yang disesuaikan dengan produk penjualan Anda.

Untuk menggunakan akun bisnis ini, Instagram biasanya akan memberitahu Anda untuk membuat halaman atau fanpage di Facebook. Oleh karena itu, Anda harus membuatnya terlebih dahulu dan ikuti langkah selanjutnya yang diperintahkan.

Lakukan Endorse dan Paid Promote

Munculnya pengguna Instagram dari mulai artis, pejabat, hingga pemimpin lokal menjadikannya peluang emas bagi pelaku bisnis untuk bekerja bersama mereka.

Karena banyaknya pengikut mereka, itu membuka peluang bagi penjual untuk mendukung atau dibayar promosi.

Metode ini adalah satu langkah untuk dapat menambahkan pengikut ke akun Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat akun Anda dilirik oleh orang-orang sehingga mereka tertarik untuk membeli produk.

Untuk menghubungi selebritas atau akun yang memiliki banyak pengikut relatif mudah. Karena biasanya mereka akan memasang nomor kontak di profil akun mereka.

Baca Juga :   Panduan lengkap jualan produk digital yang menguntungkan

Harga yang dikeluarkan biasanya tergantung pada jumlah, jenis, dan jumlah pengikut. Sehingga siapa pun dapat melakukan ini sesuai anggarannya.

 Lakukan Tag dan Bagikan Ke Media Sosial Lainya

Untuk memperkenalkan akun Anda secara luas dan produk yang dijual laris manis, Anda dapat melakukannya dengan memberi tag dan berbagi dengan konsumen dan pelanggan potensial.

Lebih baik jika 3 sampai 5 orang terganggu. Orang itu bisa menjadi pelanggan Anda atau calon pelanggan Anda.

Jika Anda ingin melakukan tag ini dan membagikannya berulang kali, maka Anda dapat memilih orang lain untuk menjadi “target” dalam kasus itu.

Berikan Beragam Hadiah atau Diskon untuk Pengikut Anda,

Jika Anda menggunakan Instagram, tentu tidak asing untuk menawarkan diskon atau hadiah dari akun.

Hadiah atau diskon diberikan kepada pengikut Anda yang secara aktif berpartisipasi dalam kuis atau kompetisi yang Anda lakukan.

Metode ini efektif karena biasanya syarat untuk mendapatkan hadiah atau diskon adalah dengan mentag teman dari pengikut Anda.

secara tidak langsung metode ini membantu Anda dalam mempromosikan kepada semua orang.

untuk mengadakan hadiah atau diskon itu dapat diadakan pada hari-hari penting atau pada hari-hari khusus lainnya.

Lakukan Teknik Soft Selling

Akun Anda khusus untuk penjualan. Namun cobalah sesekali untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Metodenya bisa dengan menggunakan teknik soft selling. Yaitu mengunggah foto yang berisi kutipan atau hal lain yang dapat berinteraksi dengan pengikut.

Meskipun sepertinya tidak seperti penjualan, sebenarnya metode ini adalah penjualan lunak yang dapat membangun kedekatan dengan pelanggan Anda.

Saya juga pernah menulis 6 cara meningkatkan follower Insgaram, Silahkan baca jika belum pernah membacanya

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan instastory yang memiliki fitur jajak pendapat atau pertanyaan. Dari sana Anda dapat mengetahui berapa banyak pelanggan Anda mengunjungi akun tersebut.

Fakta Tentang Pengguna Instagram di Indonesia

Ada fakta menarik tentang pengguna Instagram di Indonesia. Survei ini dilaporkan dari beberapa situs web. Tentu saja data ini dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kembali akun penjualan Anda di Instagram.

  1. Di Asia Indonesia menempati urutan kedua sebagai populasi yang menggunakan paling banyak media sosial. Sedangkan di dunia ia menempati posisi ke-4.
  2. Dari tahun ke tahun, pengguna Instagram di Indonesia meningkat dua kali lipat. 3. 89% pengguna Instagram di Indonesia berusia 18-34 tahun. Karena itu, produk penjualan Anda dapat menyesuaikan dengan usia pengguna.
  3. 63% pengguna Instagram di Indonesia adalah wanita. Karena itu, produk penjualan Anda dapat diputuskan untuk wanita.
  4. 45% pengguna Instagram di Indonesia adalah pembeli aktif. Ini berarti bahwa mereka akan membeli barang yang menarik hati mereka.

Penutup

Nah, itulah informasi tentang tips berjualan di Instagram. Media sosial ini telah terbukti meningkat dan dicintai oleh remaja, dewasa, dan orang tua. Karena sangat potensial, banyak orang yang beralih menggunakannya sebagai lahan mencari rejeki.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *