Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Meningkatkan penjualan di marketplace memang sangat sulit, namun pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips untuk meningkatkan penjualan di marketplace, misalnya di Tokopedia Bukalapak shopee dan lain-lain

Apakah anda sudah mulai berjualan di marketplace.? Namun penjualan ada tidak ada peningkatan.? Mungkin Anda harus menyimak beberapa tips berikut ini, karena tips berikut ini bisa dibilang tips yang berasal dari para pembeli, Kenapa mereka membeli produk di marketplace suatu toko.

Dan cara meningkatkan penjualan yang akan saya jelaskan di bawah ini bisa anda terapkan di berbagai marketplace seperti Tokopedia, shopee, Bukalapak maupun Lazada Oleh karena itu Silakan anda Simak sampai selesai agar Anda paham apa apa isi dari artikel ini dan bisa langsung mempraktekkan tips yang akan saya bahas di bawah ini.

cara meningkatkan penjualan produk di marketplace

Cara Meningkatkan Penjualan

Memahami pembeli

Kenapa harus memahami pembeli.? Dan kenapa memahami pembeli ini berada di urutan pertama yang saya bahas, karena kita kembali lagi kepada tujuan untuk berjualan menarik minat dari para pembeli, Walaupun anda menjadikan bisnis marketplace ini sebagai salah satu bisnis sampingan namun anda juga harus bisa tekun dalam membangun bisnis ini agar usaha yang Anda jalankan bisa berjalan lancar dan tentunya bisa menghasilkan pendapatan setiap harinya,

Dan jika kita kelompokkan terdapat 2 type pembeli yang ada pada marketplace, yaitu pembeli yang sangat peduli terhadap harga dan tidak perduli dengan harga.

  1. Pembeli yang peduli terhadap harga
    Pembeli tipe yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu mayoritas pembeli yang ada di marketplace, biasanya mereka akan selalu memeriksa situs resmi dari produsen dan membandingkan harga dari suatu barang yang akan mereka beli, kemudian mereka membeli produk yang serupa dengan harga yang paling termurah. Dan pembeli yang seperti ini akan menyebabkan para seller atau penjual banting harga sehingga mereka bersaing memberikan harga termurah,
  2. Pembeli yang tidak perduli harga
    Pembeli tipe yang kedua ini biasanya tidak peduli dan tidak terfokus kepada harga termurah, karena mereka lebih mengutamakan kualitas dari barang yang akan dibeli. Mereka akan lebih memperhatikan rating dan review dari para pembeli yang sudah membeli produk tersebut sebelumnya, karena intinya mereka selalu mempertimbangkan banyak faktor sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk.

Cara mengupload produk

Cara mengupload produk juga sangat berpengaruh pada ketertarikan para pembeli, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan Ketika anda menghapus produk, misalnya mulai dan penulisan deskripsi menjaga penggunaan foto produk yang akan Anda jual diantaranya adalah sebagai berikut :

Jangan copy paste deskripsi dari produk orang lain

Kebanyakan para seller yang tidak suka menulis dan tidak bisa merangkai kata dari deskripsi suatu produk mereka selalu mengkopi deskripsi dari produk orang lain yang serupa, memang bukan tanpa alasan kenapa seller sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi password deskripsi dari orang lain.

Karena dengan deskripsi yang original dengan Rangkaian Kata yang anda tuangkan dalam deskripsi produk tersebut maka produk Anda akan terlihat unik dan menarik karena berbeda dari yang lain, namun tidak terlepas dari penjelasan detail produk yang Anda jual.

Tapi ingat. Tidak mengcopy paste bukan berarti Anda harus mengganti nilai dari produk yang akan dijual.

Tulislah deskripsi yang panjang dan lengkap

Hasil riset menyatakan 87% dari 1000 responden, menyatakan bahwa informasi produk yang sangat lengkap Untung saja sangat menentukan para konsumen untuk membeli produk atau tidak, namun tidak menutup kemungkinan, jika deskripsi penjelasan dari produk anda Tulis secara lengkap bisa menjadi salah satu faktor pembeli untuk membeli produk Anda. Tokopedia dan Bukalapak adalah marketplace yang sangat memberikan kebebasan kepada seller untuk mendeskripsikan produk yang dijual.

Oleh karena itu Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin, Tulislah deskripsi produk yang Anda jual secara lengkap, dengan begitu akan meminimalisir para pembeli yang bawel atau banyak bertanya,

Menggunakan foto sendiri atau mengedit foto yang sudah ada

Sama halnya dengan deskripsi penggunaan foto milik sendiri tentu saja akan menjadikan produk yang Anda jual terlihat sangat unik di mata para calon pembeli namun jika anda tidak memiliki foto produk Honda sendiri, Anda bisa mengedit foto yang sudah ada semenarik mungkin agar ketika calon pembeli melihat foto produk Anda mereka tertarik.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan foto dari produsen bukan dari supplier, untuk itu Anda bisa mencari foto di situs lain dengan mengetikkan kata kunci kemudian cari foto produk yang Anda inginkan, atau Anda juga bisa menggunakan situs dibawah ini untuk mencari foto produk yang akan Anda jual dari produsen langsung.

  1. Jika anda menjual produk dari China, maka anda bisa mencari foto produk Anda di AliExpress atau Taobao Lazada,
  2. Apabila anda menjual produk dari Eropa dan USA, Anda bisa mencari foto yang Anda jual dari situs Amazon

Menggunakan beberapa foto dengan kualitas yang bagus

Demi menjaga agar kualitas foto tetap bagus anda tentu bisa menggunakan foto produk Anda sendiri, atau hasil jepretan anda. Alternatif yang lain Anda juga bisa menggunakan foto yang ada dan diedit kualitas dari fotonya, Misalnya Anda bisa mempertajam foto agar terlihat cerah dan bagus, Anda juga bisa memberikan Watermark dari toko and Watermark dari toko anda sendiria sendiri

Melakukan promosi

Promosi Tentu saja sangat penting untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menggunakan sosial media untuk melakukan promosi dan menjangkau pelanggan yang sangat banyak.

Melakukan promosi dengan sosial media

Cara meningkatkan penjualan di marketplace selanjutnya Yaitu anda bisa memanfaatkan sosial media yang anda miliki untuk mempromosikan produk yang akan Anda jual di marketplace anda, sosial media adalah salah satu alat yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan Anda bisa mengakses anda serta memberikan informasi mengenai produk yang akan Anda jual.

Dan Selain itu Anda juga bisa dengan mudah menginvasi para pengguna sosial media tentang produk yang akan Anda jual, misalnya kan tentang cara menggunakan produk yang Anda jual, maupun memberikan informasi kelebihan dari produk tersebut. Selain itu konten yang anda aku juga tidak hanya berupa foto Anda juga bisa upload video produk Anda di sosial media tersebut. Manfaatkan #tagar untuk memberikan kemudahan kepada para calon pembeli yang mencari produk yang Anda jual.

Menggunakan website

Anda juga bisa membuat sebuah website dan memberikan konten produk yang Anda jual dan juga konten-konten yang masih berhubungan dengan produk yang akan dijual, bisa tentang cara kelebihan, cara menggunakan, dan mereview produk yang anda jual di website anda, Selain itu Anda juga bisa optimasi website anda dengan kata yang bisa anda kerjakan, Namun apabila anda tidak bisa membuat website anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website, Anda bisa mencarinya di situ freelance Indonesia atau jika anda tidak mau mencari dan tidak mau pusing silakan hubungi admin forbisnis.com

Meningkatkan performa toko

Performa juga sangat mempengaruhi terhadap kenyamanan para pembeli, sehingga mereka tidak segan untuk melakukan transaksi dan membeli produk Anda, pada umumnya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk bisa meningkatkan performa dari toko anda diantaranya adalah sebagai berikut :

Membalas pesan secepat mungkin

Kecepatan dalam merespon chat dari para pembeli akan memberikan kesan keseriusan anda untuk menjual suatu produk, karena tentu saja ada beberapa pembeli yang biasanya berasumsi bahwa produk yang Anda jual tidak memiliki kualitas atau bahkan tidak sesuai dengan deskripsi, Oleh sebab itu anda perlu meningkatkan waktu respon anda terhadap pesan yang dikirim oleh calon pembeli.

Dan Selain itu Anda juga perlu memberikan Jawaban dari pertanyaan calon pembeli secara lengkap dan jelas Agar calon pembeli bisa puas dengan jawaban yang anda berikan, sehingga ini bisa meminimalisir banyak pertanyaan yang muncul setelah itu,

Meningkatkan kecepatan proses pesanan

Ketika ada pesanan masuk di marketplace tepatnya di toko anda, sesegera mungkin anda bisa memproses pesanan yang masuk karena tentu saja kecepatan memproses pesanan akan sangat mempengaruhi rating dan performa dari tokoh yang anda kelola di marketplace. Selain itu juga pesanan yang cepat diproses tentu akan meminimalisir pembeli yang banyak bertanya, misalnya. Produknya sudah dikirim apa belum kak? Dan pertanyaan sejenisnya

Meningkatkan cara berkomunikasi

Sebisa mungkin Anda harus bisa membuat komunikasi yang intensif dan sangat baik kepada calon pembeli, Oleh karena itu ada beberapa caranya Anda bisa meningkatkan cara berkomunikasi dengan calon pembeli atau pelanggan anda

  1. Siapkan template chatting
    Template chatting sangatlah penting dan sudah terbukti lebih efisien daripada anda harus mengetik dari awal secara manual setiap ada pertanyaan dari para calon pembeli, yang padahal mereka bertanya dengan pertanyaan yang serupa sebelumnya.
  2. Gunakan follow up
    Selalu berikan mereka follow yang tingginya orang-orang yang terlihat berminat dengan produk yang Anda jual, karena bukan tidak mungkin dari situlah para calon pembeli akan membeli produk yang Anda jual.

Demikian tips yang bisa saya bagikan di halaman ini, beberapa tips diatas sangat terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan di marketplace, baik itu di Tokopedia, shopee, Lazada dan bukalapak, pada intinya kita harus mengutamakan kebutuhan daripada Anda harus bisa memberikan apa yang mereka butuhkan sehingga mereka akan percaya dengan apa yang akan anda jual di toko anda,

Tinggalkan komentar