Cara Promosi Paling Efektif Untuk Menjual Produk

Salah satu Keuntungan bisnis online yaitu luasnya jangkauan pasar untuk menjual sebuah produk. Tentu saja itupun jika didukung dengan cara promosi yang tepat, bisnis yang Anda kembangkan akan mampu mendatangkan hasil yang lebih maksimal dan lebih menjanjikan.

Apakah promosi itu?

Sebetulnya banyak sekali pengertian tentang promosi menurut para ahli.

  1. Menurut Harper W body – promosi adalah sebagai cara untuk membujuk orang lain menerima suatu gagasan atau produk,
  2. Menurut Philip kotler – promosi adalah suatu strategi komunikasi dengan pasar

Dan jika dirangkum, artinya promosi adalah suatu upaya untuk memasarkan produk dengan cara komunikasi persuasif, Sehingga calon pembeli atau Konsumen akan tertarik untuk membeli produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor.

Secara umum banyak sekali cara untuk melakukan promosi, misalnya dengan melalui iklan di televisi, brosur, sosial media, spanduk, dan website. Lalu Kenapa Anda harus melakukan kegiatan promosi untuk produk bisnis anda? dan apakah tujuannya?

Tujuan dari promosi tentu saja untuk meningkatkan penjualan, namun tentu saja harus didahului dengan cara mengenalkan produk terlebih dahulu ke masyarakat luas. Dan tidak hanya itu, promosi juga harus fokus pada upaya untuk menciptakan ketertarikan masyarakat agar menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Cara yang dilakukanya juga sangat beragam. misalnya seperti promosi menggunakan influencer, menggelar event promosi, dan lain sebagainya. media yang digunakanya juga sangat banyak. Dan kita akan membahas lebih luas serta lebih Detail di halaman artikel ini :

Manfaat promosi untuk bisnis online anda

Sebetulnya banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari promosi ini dan Berikut ini adalah sebagian manfaat promosi untuk bisnis online ketika sedang berjalan dengan baik :

1. Mampu menarik perhatian pasar secara cepat

Biasanya anda mengetahui suatu produk dari salah satu perusahaan itu dari mana? Tentu saja, ja dari program promosi yang mereka lakukan, betul?

Walaupun promosi itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun promosi yang baik tentu tidak pernah luput dari perhatian masyarakat.

Tentu saja Anda masih ingat tentang driver ojek online yang beruntung, dia bisa mendapatkan mobil mewah dengan harga Rp12.000? Ya, pada tahun lalu tepatnya pada momen harbolnas, salah satu marketplace mengadakan promosi barang dengan harga sebesar Rp12.000.

Tentu saja promo tersebut bisa menyebabkan banyak perhatian masyarakat, pasalnya barang-barang yang menjadi hadiahnya termasuk dalam kategori mewah dan dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu sebesar Rp12.000 saja. dan apa yang terjadi? Jutaan orang bahkan berebut untuk mendapatkan barang mewah tersebut dengan harga Rp12.000 saja.

2. Menjaga loyalitas konsumen

Tentu saja Anda menyadari bahwa kompetitor anda akan berusaha untuk merebut hati para pelanggan anda. Namun, jika anda sering melakukan kegiatan promosi dengan berbagai cara dan berbagai penawaran yang menarik, tentu saja konsumen anda akan selalu setia menggunakan produk yang Anda tawarkan. Alasannya, manfaat yang mereka dapatkan dari anda tentu lebih menjanjikan.

Dan bagi anda selaku pemilik bisnis, tentu saja menjual produk kepada konsumen setia itu lebih mudah karena faktanya kemungkinan keberhasilannya mencapai 70 hingga 80%

3. Lebih meningkatkan brand awareness

Brand awareness bagi bisnis online tentu sangatlah penting. Pasalnya brand awareness tentu mampu menguatkan hubungan an-nur dengan para konsumen untuk jangka waktu yang panjang.

Contohnya, Jika Anda membeli produk air mineral, atau sebagian anda mungkin menyebut dengan Aqua. Padahal banyak sekali merek air mineral yang lain dan secara kualitas tentu tidak jauh berbeda, dan inilah yang dinamakan sebagai brand awareness.

Jika promosi yang telah anda lakukan berhasil dan mampu membangun sebuah branding dengan kuat, tentu saja produk Anda akan selalu melekat di hati para konsumen. Jika anda membangun promosi yang terstruktur, tentu saja brand awareness bisa dibangun dengan baik.

4. Potensi penjualan akan lebih meningkat

Tentu saja jika promosi yang Anda lakukan baik dan terstruktur akan mampu untuk mendongkrak penjualan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan penerbangan jetblue mampu meningkatkan pendapatan hingga 1640% dengan cara promosi.

Perlu Anda ketahui, jetblue tidak membuat atau menciptakan produk baru, urusan tersebut hanya mampu melakukan pendekatan promosi yang jauh berbeda dibandingkan dengan kompetitor mereka. Mereka mampu merancang sebuah program otomasi email sebagai tujuan untuk melakukan promosi bagi konsumen yang belum menyelesaikan pemesanan tiket di website mereka, dan ini terbukti sangat berhasil

Cara Promosi Paling Efektif

Setelah anda memahami betapa penting dan manfaatnya promosi, kita lanjutkan belajar tips paling jitu untuk mempromosikan produk Anda.

Banyak sekali promosi yang bisa anda terapkan untuk produk bisnis online yang anda miliki saat ini, dan di halaman ini saya telah merangkum beberapa contoh promosi yang bisa anda gunakan.

1. Memberikan diskon

Tentu saja harga adalah salah satu faktor yang paling utama untuk konsumen ketika ingin membeli suatu barang atau produk, Oleh sebab itu promo diskon atau potongan harga selalu menjadi incaran dan Ditunggu oleh para konsumen.

Tentunya di luar negeri banyak sekali jumlah event yang dikhususkan untuk menghadirkan potongan harga untuk membeli suatu produk, dan salah satunya yang paling terkenal adalah Black Friday. Namun di Indonesia, momen promo seperti ini biasanya diselenggarakan secara massal di hari belanja online nasional atau harbolnas.

Jika anda memiliki toko online sendiri, tentunya Anda bisa melakukan atau menyelenggarakan promosi potongan harga ini kapan saja. Dan tentunya diskon ini bisa dilakukan atau digunakan untuk semua jenis bisnis online,

2. Memberikan bebas ongkos kirim

Tentu saja semakin meningkatnya transaksi e-commerce itu didukung oleh kemudahan pengiriman produk, saat ini untuk membeli suatu produk tentu bisa dilakukan dengan mudah. hanya dengan ketukan jari. Dan tanpa menunggu lama barang yang kita pesan akan sampai di tangan.

Saat ini banyak sekali bisnis ekspedisi yang memberikan pelayanan terbaik, Namun, biaya pengiriman barang di beberapa wilayah masih sangat tinggi.

Oleh sebab itu, jika anda memberikan bebas ongkos kirim, tentu saja Konsumen akan tertarik untuk membeli produk Anda. Alasannya, karena konsumen tidak hanya mendapatkan kemudahan untuk membeli produk, akan tetapi Konsumen juga mendapatkan velue yang lebih saat membeli produk yang Anda tawarkan.

Dengan strategi promosi memberikan bebas ongkir, tentu saja penjualan produk Anda akan semakin meningkat,

3. Menawarkan cashback

Anda tahu cashback? Iya, cashback adalah pengembalian sejumlah uang yang biasanya dikembalikan setelah konsumen berhasil melakukan transaksi pembelian, cashback biasanya berlaku ketika pembelian yang dilakukan telah mengikuti syarat yang telah ditentukan oleh penjual. Dan biasanya syaratnya berupa pembelian dengan nominal tertentu.

Walaupun terdapat persyaratan, tentu saja Cashback merupakan langkah promosi yang menarik bagi para konsumen. Tentunya Anda bisa menjumpai cashback di berbagai event yang diadakan oleh marketplace, dan yang sering melakukan promosi seperti ini biasanya marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Perlu Anda ingat, strategi cashback bukan saja milik marketplace. karena setiap pemilik toko online juga bisa menerapkan strategi promosi ini untuk meningkatkan penjualan barang atau produk. baik itu produk elektronik ataupun produk fashion.

4. Mengadakan flash sale

cara promsi

Flash sale adalah sebuah langkah penjualan dalam waktu yang sangat singkat, tentunya dengan jumlah atau stok terbatas dan dibanderol dengan harga yang paling murah

Mungkin saja sebagian dari anda sudah mengenal Apa itu flash sale dari berbagai marketplace besar yang ada di Indonesia, dan jenis promosi seperti ini sudah terbukti sangat efektif

Karena flash sale menggunakan strategi produk dengan stok yang terbatas, Oleh sebab itu banyak sekali calon pembeli yang tidak ingin melewatkan kesempatan ini untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dan hasilnya, flash sale sudah terbukti sangat efektif untuk menggebrak pasar. Dengan produk yang dijual menggunakan teknik flash sale selalu laris diburu para konsumen.

Belajar dari kondisi itu, banyak sekali para pelaku bisnis yang menerapkan langkah promosi seperti ini.

5. Memberikan Gift

Promosi yang dilakukan dengan strategi memberikan gift sering sekali menggandeng produk yang berbeda sebagai bonus atau hadiah yang akan diterima ketika membeli produk. Produk tersebut bisa produk Anda sendiri atau produk dari pihak lain.

Sebetulnya banyak sekali contoh promosi gift yang mungkin saja pernah anda dapatkan sebagai konsumen, misalnya Ketika anda membeli sebuah smartphone, dan anda mendapatkan softcase atau pelindung layar sebagai produk tambahan atau gift.

Sebagai pemilik bisnis, Tentu saja Anda bisa meniru cara promosi ini untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

6. Memberikan voucher atau kupon promosi

Promosi dengan cara memberikan voucher tentu bisa menjadi senjata yang sangat ampuh untuk menarik minat konsumen, mungkin saja Anda pernah mendapatkan sebuah voucher ketika Anda membeli suatu produk, Misalnya Anda membeli majalah. Dan Anda mendapatkan voucher makan gratis di restoran tertentu.

Nanti saja di era digital ini, penggunaan e-voucher sudah mulai menggantikan voucher fisik. Banyak sekali Para pemilik bisnis yang membagikan promo voucher melalui SMS, WhatsApp, email dan bahkan langsung didalam sebuah aplikasi yang digunakan oleh konsumen.

7. Memberikan garansi

Konsumen tentu akan lebih nyaman ketika membeli sebuah produk yang memiliki garansi atau jaminan kerusakan. Dan jenis garansi yang ditawarkan sangatlah beragam, mulai dari keaslian barang, kualitas barang, hingga persaingan harga. Tentu saja hal ini tergantung kepada jenis produk yang ditawarkan

Dengan anda menjamin atau memberikan garansi tertentu,tentu saja jenis promosi ini bisa meningkatkan penjualan produk Anda semakin meningkat, Anda bisa mencoba cara yang satu ini untuk meningkatkan penjualan produk anda

8. Memberikan sampel produk

Mungkin anda pernah diminta untuk mencicipi suatu produk makanan, ketika anda sedang berada di pusat perbelanjaan. Atau mungkin juga anda pernah mendapatkan bonus krimer saat Anda membeli produk kopi.

Sebetulnya cara promosi dengan cara konsumen untuk mencicipi produk tester sudah banyak sekali digunakan untuk mengetahui reaksi dari konsumen. Anda bisa melakukannya dengan cara setiap pembelian yang dilakukan oleh konsumen Anda bisa menyisipkan produk baru anda dalam kemasan yang kecil. agar konsumen Anda bisa menjajal produk tersebut. Tentu saja ini berbeda dengan Gift. Karena tujuan dari promosi tester ini memang untuk mengenalkan masyarakat kepada produk baru anda yang akan launching.

Dan ketika respon dari para konsumen sangat baik, tentunya Anda bisa melanjutkan dengan cara promosi yang berbeda dan lebih baik. untuk menggebrak pasar.

Kesimpulan

Tentunya promosi untuk bisnis online anda sangatlah penting, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya diperluukan langkah jitu untuk promosi. dan sekarang anda bisa mencoba untuk menggunakan salah satu tips dari promosi diatas. dan semoga anda berhasil

8 thoughts on “Cara Promosi Paling Efektif Untuk Menjual Produk

  1. Perlu diperbaiki dahulu setting wp-affiliasi nya , karena tidak ada email konfirmasi ke pendaftar seperti saya tadi, seharusnya ada email konfirmasi atau validasi email untuk member yang baru mendaftar.

    hanya saran saja ndan

    1. sudah disetting pak, mungkin server hostingnya lagi masalah.. sudah saya tes sebelum di publikasikan dan normal, saya tanya ke pihak hosting memang dibatasi, hanya bisa kirim 150 email dalamsatu jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *