Home / tutorial / Intip 3 Sumber Penghasilan Google Hingga Triliunan Rupiah

Intip 3 Sumber Penghasilan Google Hingga Triliunan Rupiah

Penghasilan Google
Dari mana Google Menghasilkan Penghasilan? Google gratis Gmail, Blogger dan banyak fitur gratis lainnya. Belum lagi, Google juga mendistribusikan komisi kepada penerbit AdSense, seperti Blogger dan YuoTuber, hingga ratusan juta rupiah per bulan.
Dari mana Google mendapat uang? 
Berapa penghasilan Google sendiri? 
Apa sumber penghasilannya?
Kami melihat jumlah pendapatan dan sumber utama pendapatan Google yang terus meningkat setiap tahun.

Dilaporkan oleh Republika dari CNN Money, Google mencatat penjualan 32,3 miliar dolar AS (Rp 430 triliun) pada kuartal keempat 2017 yang membuat total pendapatan mereka pada 2017 mencapai 110 miliar dolar AS (Rp 1,463 triliun).

Pendapatan kuartal kedua Google pada 2018, seperti dikutip detik.com dari Reuters, pendapatan Alphabet – perusahaan induk Google – pada kuartal kedua mencapai USD 32,66 miliar atau Rp. 474 triliun.
Disebutkan, sekitar 86% pendapatan berasal dari bisnis periklanan Google. Pendapatan lain dari bisnis non-iklan Google, seperti penjualan aplikasi, gadget, dan layanan komputasi awan dan layanan internet.
Wah! Menyenangkan … !!!
Produk Google tersebar di berbagai belahan dunia, mulai dari mesin pencari (Google Search), jejaring sosial (Google Plus), hingga Perangkat Seluler.
Sejak didirikan pada tahun 1998, Google terus meningkatkan panji-panji kemuliaan. Hingga saat ini, mereka masih menjadi mesin pencari paling populer di dunia.
Google didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya adalah alumni Universitas Stanford, salah satu kampus paling bergengsi di dunia (Wikipedi).

Sumber Penghasilan Google: Iklan

Berikut ini adalah sumber pendapatan Google yang ditinjau oleh Investopedia. Intinya adalah … iklan dan layanan premium!

1. Iklan Google (Google Ads)

Sumber Google Income telah disebutkan di atas, yang sebagian besar berasal dari Iklan Google atau Iklan Google yang sebelumnya disebut AdWords. Iklan Google memungkinkan pengiklan untuk menjangkau audiens online secara luas dan tepat sasaran.

“Jangkau pelanggan di setiap platform, di semua perangkat. Iklan bergambar dari Google Ads ditampilkan di lebih dari 2 juta situs dan lebih dari 650.000 aplikasi, sehingga iklan Anda dapat menjangkau pelanggan di mana saja.” Demikian kata Google di halaman Iklan Google.

Pada halaman hasil pencarian (SERP), kita sering menemukan sejumlah baris hasil pencarian teratas yang tertanam dengan embel-embel “Iklan”. Itu Iklan Google.
Iklan Google juga ditampilkan di fitur atau produk Google lainnya, seperti YouTube dan Maps. Setiap klik yang didapatkan pengiklan memiliki nilai yang dibayarkan ke Google.

2. AdSense

Penghasilan Google
AdSense adalah sumber penghasilan kedua Google setelah AdWords. Dalam program periklanan ini, Google juga berbagi pendapatan dengan pemilik situs web, blogger, dan pembuat video YouTube (YouTubers) adalah dua pihak untung terbesar dari AdSense.
Google memediasi pengiklan dengan konten pembuat. AdSense menekankan lalu lintas situs web / blog atau tampilan saluran YouTube.

3. AdMob

AdMob adalah AdSense untuk platform seluler. AdMob digunakan oleh pembuat aplikasi Android.
Itulah tiga sumber utama pendapatan Google.
Selain Google Ads, AdSense dan AdMob, pendapatan Google lainnya berasal dari layanan premium dari fitur gratis seperti Google Drive dan Google Analytics. Google juga masih memiliki sumber pendapatan lain, seperti Google Shopping, Google Flight, Google Cloud Platform, dan sebagainya.
Penghasilan Google
Nah, itu sumber penghasilan Google. Menurut CB, salah satu model bisnis online yang diterapkan Google adalah “memberi untuk menerima”. Bebaskan banyak produk, kemudian populer, dan program periklanan bekerja.
Semoga kita blogger “terinfeksi” oleh kesuksesan Google, terutama ketika kita ngeblog di Google Blogger. Amin!
Baca Juga :   Menjadi Desainer Terkenal, Ikuti Tips Suksesnya disini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *