Home / bisnis / Mengenal bisnis clothing dan tips menjalankan usaha clothing

Mengenal bisnis clothing dan tips menjalankan usaha clothing

peluang bisnis distro dan clothing company
peluang bisnis distro dan clothing company
Seiring    dengan    kemajuan    teknologi    belakang    ini,    internet    semakin    meningkat penggunanya  di  Indonesia.  Keadaan  ekonomi  yang  tidak  stabil  belakangan  ini,  juga  tidak mendapat  jaminan  kerja  yang  aman  bagi  siapapun  di  mana  saja.  Oleh  karena  itu,  bisnis  online dapat dijadikan salah satu pilihan  yang bijak untuk mendapatkan penghasilan tambahan bahkan penghasilan  tetap  dari  bisnis  di  internet.  
Ya,  dengan  bisnis  online,  Anda  dapat  menghasilkan uang dari internet. Banyak  sekali  para  netter  yang  terbius  akan  kesuksesan  dalam  menjalani  bisnis  online,  namun hanya sedikit yang benar-benar dapat berhasil menjalankannya. tentu saja hal ini tidak semudah kita membalikkan  telapak  tangan.  Karena  biarmanapun usaha  dan  kerja  keras  adalah sebuah kata  kunci yang perlu diterjemahkan dalam praktek kerja yang nyata, bukan hanya sekedar teori dan sebatas konsep yang tersimpan dalam hati. 
Bisnis online yang dewasa ini menjadi lahan baru untuk mencari penghasilan tambahan (bahkan dijadikan penghasilan tetap) menurut didi telah melahirkan banyak pelaku internet marketing di Indonesia.  Sudah  cukup  banyak  yang  berhasil,  namun lebih  banyak  pula  yang  menemui  jalan buntu dan dapat dikategorikan gagal. untuk benar-benar ingin sukses dalam dunia bisnis online: 

1. Usaha dan Kerja Keras.

Ternyata  yakin saja tidaklah cukup. Yakin dan ambisi tanpa usaha dan kerja keras adalah NOL besar.Bagaimana  akan  mendapatkan  penghasilan,  bila  kita  sendiri  tidak  bekerja  dan  berupaya  untuk itu. Kesuksesan itu tidak datang begitu saja dari langit.  Bisnis  online  tidak  hanya  tentang  program-program  penghasil  dollar  seperti  afiliasi  marketing, paid  review,  reseller,  jualan  ebook,  jual  produk  dan  lain-lain.  
Masih  banyak  komponen  dalam internet marketing yang masih dapat kita gali, sesuaikan dengan diri kita dan kembangkan.  Yang terpenting dalam poin ini adalah usaha kita untuk belajar dan terus belajar. Memperbanyak wawasan untuk mengenali kesesuaian minat/bakat kita dengan berbagai program yang dapat kita jalani.  Salah  besar  kita  beranggapan  hanya  dalam  waktu  singkat  dapat  mendatangkan  penghasilan  $$ yang  banyak.  
Semua  butuh  waktu,  proses,  modal  dan  kerja  keras.  Bila  kita  ingin  sukses  dalam dunia bisnis online. Investasi juga diperlukan untuk menopang usaha dan kerja keras kita. 

2. Fokus dan Komitmen.

Mengerti  dan  memahami  seluk  beluk  bisnis  online  tidak  serta  merta  membuat  orang  itu sukses.  Dibutuhkan  fokus  dan  komitmen  yang  tinggi  dalam  melakukan  berbagai  upaya.  Usaha dan  Kerja  keras  yang  dilakukan  bila  tidak  fokus  akan  membuat  banyak  pelaku  bisnis  online merasa gagal. 
Padahal mereka belumlah gagal. Fokus  pada  bidang  yang  kita  dalami  akan  melahirkan komitmen  yang  tinggi.  Sehingga  begitu banyak  kendala  akan  dapat  dihadapi  dan  diatasi.  Fokus  pada  suatu  bidang  tertentu  juga  akan membantu  seorang  internet  marketer  memperkecil  hambatan,  gangguan  dan  tantangan  yang bakal dijumpainya.  

3. Praktek yang berkesinambungan. 

Tidak  ada  yang  akan  menjamin  bila  anda  akan  mendapatkan  penghasilan  yang  sama setiap  bulannya  dalam  bisnis  online.  Bisa  saja  bulan  ini  lebih  besar  dari  bulan  lalu,  atau  malah sebaliknya. 
Begitu halnya dalam menjalankan praktek bisnis online, praktek yang berkesinambungan merupakan poin esensial untuk memperluas peluang kesuksesan anda.  Seperti  sebuah  website  atau  blog  yang  menjadi  lahan  bisnis  online  anda.  Update  informasi  dan konten   yang   bermanfaat   akan   senantiasa   menjaga   traffic   pengunjung   dan   bahkan   dapat memperbesar jumlah pengunjung di masa  yang  akan datang. 
Pengunjung  yang besar, tentu saja akan memperbesar peluang untuk meraih $$ tambahan bagi anda.Sejak awal, perkembangan bisnis online selalu berubah setiap saat. Perkembangan pesat internet marketing di dunia menjadi lahan bisnis online yang masih sangat potensial untuk dimanfaatkan. 

A. BISNIS CLOTHING

Clothing  untuk produk pakaian memang bisnis yang sedang marak.Usaha clothing sebagai suatu usaha yang diyakini sebagai sebuah bidang usaha yang menguntungkan (profit oriented) yang signifikan. Dengan catatan dikelola secara serius dan profesional. Bisnis dalam bidang ini tidak terlepas dari beberapa faktor yang sedang terjadi disekitar lingkungan dengan melihat peluang, apalagi seorang insanyang kesehariannya memang selalu membutuhkan pakaian demi untuk memenuhi gaya hidup yang mengglobal pada saat ini. 
Clothing adalah salah satu peluang usaha yang sangat prospectif. peluang usaha clothing ini juga membuat peluang usaha atau pelung kerja bagi orang-kreatif mulai dari mahasiswa sampai pada orang awam .Tetap tingginya permintaan konsumen, khususnya anak muda serta remaja terhadap tren pakaian produk lokal, membuat clothing masih merebut pasar pelajar serta mahasiswa. Menjamurnya bisnis clothing saat ini tidak terlepas dari semakin bertambahnya permintaan anak muda, khususnya pelajar dan mahasiswa yang menyukai produk clothing. Pangsa pasarnya pun masih tetap menyasar pelajar serta mahasiswa, meskipun saat ini beberapa distro mulai merambah pangsa pasar anak-anak. 
Kenapa memilih usaha clothing?????? •?  
Bisnis baju clothing  terbukti sebagai salah satu solusi menangkal krisis ekonomi
Krisis ekonomi yang terjadi di negara Indonesia menyebabkan banyak terjadi PHK di semua sektor pekerjaan sehingga menambah kembali tenaga pengangguran di Indonesia. 
Jika menjadikan clothing Bandung sebagai barometer industri baju clothing, clothing di Bandung sebagai salah satu industri kreatif merupakan salah satu solusi untuk menangkal krisis ekonomi yang terjadi saat tahun 1990-an. •?  
Bisnis baju clothing tidak memerlukan modal yang besar
Apa benar bisnis baju clothing tidak memerlukan modal yang besar ? tentu saja hal tersebut relatif, modal untuk bisnis baju clothing  bisa besar bisa juga kecil. Akan tetapi jika dibandingkan dengan bisnis lain, maka bisnis baju clothing relatif lebih kecil. •?  
Peluang pasar bisnis baju clothing masih besar
Anak muda sekarang sudah mulai bisa memilih sendiri gaya dan pakaian mereka. Mereka cenderung mencari yang sesuai dengan jati diri mereka dan juga sesuatu yang unik sehingga apa yang mereka kenakan tidak sama dengan yang lain. Dengan banyaknya permintaan tersebut, jika bisa menemukan jalur dan koneksi yang tepat maka peluang pasar bisnis baju clothing sangat besar. 

B.MANFAAT BISNIS CLOTHING 

Manfaat usaha yang ditekuni dalam berbisnis clothing  ini akan berpotensi besar bagi yang menjalankan usaha itu sendiri(mahasiswa) dan bagi masyarakat banyak, karena saat ini banyak orang kesulitan untuk membeli pakaian yang berkualitas dan relatif dengan harga yang murah. 
Dan manfaat besar bagi pengusaha itu sendiri, karena laba atau benefit yang didapat dari bisnis ini selain keuntungan yang cukup besar, dan terdapat pula keuntungan bagi masyarakat luas terutama anak muda yang ingin exsis dengan adanya model-model terbaru dengann harga yang terjangkau murah. Dan tidak hanya murah, tetapi dalam menjalankan usaha ini harus diperhatikan kualitas bahan pakaian yang bagus diharapkan, dan dengan adanya usaha ini Insya Allah masyarakat luas banyak yang terbantu dalam memenuhi sebagian kebutuhan untuk gaya hidup yang semakin mengglobal pada masa saat ini.  

C.GAMBARAN PASAR 

Usaha  pakaian  ini  merupakan  suatu  kebutuhan  yang  wajib  terpenuhi  oleh  setiap  kalangan masyarakat  luas,  dan  demi  kualitas  hidup  yang  semakin  menuntut  manusia  secara  tidak  langsung melakukan  berbagai  aktivitas,  yang  dibutuhkan  dengan  mengoptimalkan  sumberdaya  yang  dimiliki. Apalagi  dengan  zaman  yang  begitu  mendorong  manusia untuk  berpenampilalan  dimasa  kini.  
Peran pakaian  dan  gaya  hidup  exis  dan  menuntut  aktivitas manusia  memang  sangat  besar  untuk  prospek kedepannya.  kompetisi  usaha  ini  semakin  tinggi,  jadi  dengan  memberikan  pelayanan  yang  terbaik terhadap  barang  dan  jasa  yang  akan  di  sediakan  oleh  pengusaha  pakaian  ini,  dan  serta  memperbaiki kekurangan kesalahan maupun hambatan yang mungkin ada.  

D. TARGET /SEGMEN PASAR YANG DI TINJAU 

Target  pelanggan  diutamakan  adalah  anak  muda  dan  masyarakat  luas  dengan  Segmen  pasar terbesar  produk  clothing    merupakan  mahasiswa  dan  pelajar.  Sebab,  desain  pakaian  yang  dibuat  lebih banyak untuk remaja. 

E. STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENGEMBANGAN PROMOSI 

  1. Penempelan spanduk/pamplet, poster di kampus, sekolah dan pada tempat-tempat keramaian lainnya.
  2. Publikasi melalui, friendester, blogs dan facebook.
  3. Menyiarkan berita mengenai bisnis anda lewat radio untuk memperkenalkan usaha baru yang anda kelola. 
  4. Memberikan discount 30% setiap pembelian 3potong pakaian 
Baca Juga :   15 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Anda Lakukan Dirumah

F.ANALISIS PESAING 

Rata-rata pemilik clothing  memiliki produk dengan merek mereka masing-masing yang memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi desain dan logo merek.Persaingan sangat ketat, sebab seiring dengan terbukanya peluang pasar produk clothing  di masyarakat, maka kemunculan clothing –clothing  baru jugaakan semakin bertambah dengan menawarkan kelebihan masing-masing untuk mengatasi persaingan pasar.  

G.KELEBIHAN BISNIS CLOTHING 

Produk-produk yang masuk dalam clothing adalah produk-produk yang sifatnya benar-benar spesifik dan unik.  Dengan  keunikannya  ini,  maka  clothing    yang  kita  miliki  akan  mudah  dikenal  oleh  konsumen. Faktor  yang  berpengaruh  terhadap  kesuksesan  pengembangan  produk  ini  adalah  kecepatan  (speed), kualitas  (quality)  dan  biaya  (cost).  
Kecepatan  yang  dimaksud  disini  adalah  bagaimana  produk  clothing  kita  lebih  cepat  masuk  ke  pasar  ketimbang  competitor.  Namun  jangan  lupa  produk  kita  harus  memiliki kualitas yang diinginkan konsumen baik dari sisi bentuk, model dan tentunya harga yang masuk akal buatkonsumen. Perlu ada perpaduan antara kecepatan, kualitas dan biaya harus menyatu. Ringkasnya produk unik  yang  cepat  keluar  di  pasaran,  dibarengi  dengan  kualitas  produk  dan  harga  yang  terjangkau  oleh konsumen akan menjadi bauran (mix) yang mantap.  

H.PERLENGKAPAN PRODUK YANG DIHASILKAN 

Perlengkapan dan fasilitas produk yang dihasilkan antara lain: 
1 Kios 1 Unit  
2 Baju Kaos  
3 Switter  
4 Celana Jeans  
5 Sandal  
6 Ikat Pinggang  
7 Meja dan Kursi 1 Set  
8 Spanduk 1  
9 Kalkulator 1 Unit  
10 Buku kas  
11 Brosur/leflet 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *